6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari

Cara mengeringkan port pengisian daya yang terkena air

Cara mengetahui ponsel sudah benar-benar kering

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik/nensuria

Saat kamu menyambungkan kabel apa pun ke port lightning pengisian daya iPhone, biasanya muncul notifikasi kesalahan "Cairan Terdeteksi di Konektor" jika perangkat basah. Selama kamu tidak melihat pesan tersebut, kemungkinan besar ponsel benar-benar kering.

Namun, sebagian besar perangkat Android tidak akan menampilkan pesan kesalahan apa pun jika port pengisian daya basah. Dalam kasus seperti itu, kamu dapat memeriksa gejalanya untuk mengetahui apakah ponsel sudah kering. Saat ponsel basah, kamu biasanya akan melihat beberapa hal.

1. Panas berlebih saat idle.

2. Gangguan kecil atau layar berkedip-kedip.

3. Ghost touch (layar beroperasi sendiri).

4. Speaker tidak berfungsi atau audio teredam

Jika kamu tidak mengalami masalah seperti di atas, ponsel berfungsi dengan baik, dan kemungkinan ponsel benar-benar kering.

Namun yang perlu dicatat, jika cairan lengket seperti tumpahan jus, maka cairan tersebut dapat meninggalkan kotoran atau residu setelah mengering. Jika hal ini terjadi, kamu perlu membersihkan port pengisian daya lebih lanjut.

Beberapa faktor yang harus dihindari saat mengeluarkan air dari port pengisian daya

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik

1. Jika ponsel kamu tidak memiliki ketahanan air yang cukup tinggi, jangan biarkan ponsel mengering secara alami. Jika air terlalu lama berada di dalam ponsel, air dapat mulai merusak komponen elektronik sensitif di dalam ponsel dan port pengisian daya.

2. Jangan biarkan ponsel mengering di bawah sinar matahari. Logam dan kaca pada ponsel dengan cepat menyerap panas, dan ini dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas dan mengalami lebih banyak kerusakan.

3. Jangan memasukkan ponsel ke dalam beras. Meskipun beras menyerap kelembapan dari sekitarnya, butiran beras kecil dapat tersangkut di permukaan port pengisian daya.

4. Jangan gunakan kapas, tisu kertas, atau kain untuk menyeka port pengisi daya. Sebab, bahan-bahan tersebut dapat meninggalkan residu seperti serat. Selain itu, port pengisian daya memiliki pin halus yang mudah rusak.

5. Jangan menggoyangkan atau mengayunkan ponsel untuk mengeluarkan air. Meskipun cara ini bisa mendorong sebagian air keluar dari ponsel, tetapi juga akan mendorong sebagian air ke dalam komponen elektronik ponsel.

6. Jangan gunakan pengering rambut, udara bertekanan, atau alat apa pun yang mengeluarkan udara dengan tekanan. Peralatan tersebut dapat mendorong tetesan air lebih jauh ke dalam komponen elektronik ponsel. Selain itu, panas pengering rambut yang tinggi juga berdampak buruk bagi ponsel.

(brl/red)