5 Tips memperbaiki masalah baterai smartphone yang cepat habis, nomor 3 wajib dicoba

5 Tips memperbaiki masalah baterai smartphone yang cepat habis, nomor 3 wajib dicoba

Techno.id - Selama ini urusan daya tahan baterai seringkali menjadi persoalan. Sebab, meski smartphone baru terkadang baterai yang ditawarkan kurang mumpuni. Tidak jarang baterai cepat habis.

Ada beberapa masalah yang menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, ukuran layar yang besar, beberapa sensor dan prosesor versi yang lebih tinggi menguras baterai ponsel.

Karena itu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat masa pakai baterai dan membuatnya lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah tips dan trik untuk memaksimalkan baterai.

5 Tips memperbaiki masalah baterai smartphone yang cepat habis, nomor 3 wajib dicoba foto: freepik/pe_jo

1.Matikan fitur getar

Getaran membutuhkan lebih banyak daya baterai daripada nada dering. Kamu mungkin ingin menjaga getaran ringan saat mengetik atau saat mendapatkan pemberitahuan untuk pesan atau panggilan. Namun, opsi tersebut akan menyerap banyak daya baterai.

2. Gunakan mode gelap

Wallpaper hitam atau mode gelap dapat menghemat masa pakai baterai smartphone. Jika ponsel kamu memiliki layar AMOLED, maka daya tahan baterai dapat dihemat dengan menggunakan wallpaper gelap.

Hal ini disebabkan piksel pada layar AMOLED hanya menggunakan daya baterai untuk menerangi warna-warna cerah dan tidak memerlukan energi untuk menampilkan warna gelap.

3. Matikan beberapa fitur penguras baterai saat tidak digunakan

5 Tips memperbaiki masalah baterai smartphone yang cepat habis, nomor 3 wajib dicoba foto: freepik/user6724086

Kita tahu bahwa Bluetooth, GPS, Wi-fi, data seluler, dan tentu saja hotspot untuk berbagi internet, termasuk dalam fitur-fitur penting pada smartphone. Tetapi fitur-fitur ini menguras sebagian besar baterai.

Matikanlah ketika tidak digunakan, terutama ketika kamu kehabisan baterai. Mengaktifkan mode hemat baterai dan bahkan mode Pesawat saat daya baterai lemah dapat membantu kamu mempertahankan baterai untuk waktu yang lama.

4. Matikan sinkronisasi otomatis

Banyak aplikasi termasuk Gmail, X (Twitter), WhatsApp, dan masih banyak lagi, menyinkronkan data secara otomatis untuk terus menyegarkannya agar dapat memberikan pembaruan terbaru. Tapi ingat, semakin banyak pekerjaan di latar belakang yang terjadi di ponsel, semakin banyak pula daya baterai yang dibutuhkan. Kamu bisa mematikannya, cukup dengan masuk ke Pengaturan, akun Google dan mematikan sinkronisasi otomatis untuk semua aplikasi yang tidak kamu perlukan untuk mendapatkan informasi setiap saat.

5. Singkirkan widget di layar

Suka melihat semua informasi di layar ponsel? Maka widget pasti salah satu fitur favorit. Tetapi hal ini dapat menguras baterai ponsel. Kamu dapat menghapus widget yang tidak diperlukan untuk menghemat masa pakai baterai smartphone.

(brl/red)