Cara mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai di ponsel Android

Cara mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai di ponsel Android

Techno.id - Beberapa aplikasi pada ponsel Android dapat menguras baterai secara signifikan. Satu aplikasi saja dapat menyedot lebih banyak baterai dari yang seharusnya. Bagaimana jika ada banyak aplikasi Vampire penyedot daya baterai? Bisa menjadi bencana bagi ponsel kamu.

Untuk mngatasinya, kamu bisa memeriksanya dengan cara menelisik aplikasi tersebut. Umumnya, setiap aplikasi baru yang diinstal atau ditambah pembaruan sistem secara teratur, maka akan berdampak negatif pada berapa lama baterai mampu bertahan.

Karena itu sebaiknya hindari mengunduh aplikasi dengan kapasitas besar jika kamu ingin menghemat masa pakai baterai. Masalahnya, seringkali pengguna tidak tahu aplikasi mana yang menyebabkan masalah berkurangnya daya tahan baterai.

Cara mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai di ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Tetapi pada sistem operasi Android memiliki halaman penggunaan baterai yang menunjukkan aplikasi mana yang menggunakan daya secara signifikan. Jika kamu menemukan satu aplikasi yang menjadi masalah, menghapusnya bisa sangat membantu baterai.

Menu tersebut juga mudah ditemukan. Buka Pengaturan pada ponsel, lalu buka entri Baterai. Kamu akan melihat grafik masa pakai baterai dari waktu ke waktu, bersama dengan aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai saat tidak diisi daya.

Ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Peringatan penggunaan. Android akan menunggu beberapa saat, lalu memberi tahu jika ada aplikasi yang menggunakan banyak daya baterai sejak pengisian daya penuh terakhir.

(brl/red)