6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik

6 Cara mengamankan gadget saat liburan

4. Catat nomor-nomor penting

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/creativeart

Bayangkan perangkat kamu dicuri, informasi apa yang kamu perlukan? Sebelum pergi, periksa nomor International Mobile Station Equipment Identity (IMEI) ponsel kamu dengan mengetikkan *#06# (iPhone menampilkannya di punggungnya, dan kamu dapat menemukannya lebih lanjut, seperti halnya perangkat Android, di Pengaturan).

Ini akan menjadi pengenal yang berguna jika perangkat yang dicuri dikembalikan ke polisi. Catat juga nomor telepon saluran bantuan penyedia jaringan selular kamu.

Dengan begitu, jika ponsel cerdas kamu dicuri atau hilang, kamu dapat menghubungi operator jaringan kamu dan membatalkan kartu SIM kamu.

5. Buat cadangan reguler

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/rawpixel.com

Jika perangkat kamu dicuri, akan sangat buruk kehilangan semua data di dalamnya. Karena itu, sebelum pergi berlibur, cadangkan data perangkat kamu di PC. Jadi kamu memiliki salinan data smartphone kamu.

Untuk pengguna Apple, kamu dapat mengandalkan iCloud yang merupakan cara menyimpan informasi secara online dengan aman. Banyak juga yang menggunakan Dropbox, yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan untuk file kamu, tetapi koleksi gambar dan video yang terus bertambah dapat memaksa kamu menggunakan Dropbox Pro.

6. Waspada dengan hotspot Wi-Fi publik

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/jiffyavril

Menggunakan Wi-Fi publik di luar negeri dapat menghemat biaya roaming data yang cukup besar. Namun, kamu perlu menyadari bahwa hotspot ini dapat disusupi dan data kamu bisa saja dibajak.

Khususnya, scammer mungkin membuat koneksi palsu atau mencegat koneksi kamu melalui serangan man-in-the-middle (MITM). Itu sebabnya kamu memerlukan bentuk enkripsi yang baik, menggunakan Jaringan Pribadi Virtual (VPN).

Ini jauh dari sempurna, tetapi setidaknya memberi kamu beberapa bentuk perlindungan terhadap penjahat dunia maya. Selain itu, perhatikan shoulder-surfers dan titik akses Wi-Fi yang tidak memerlukan kata sandi. Penipu dapat mengatur akses internet dengan nama umum, jadi jika kamu menggunakan Wi-Fi restoran, tanyakan kode sandi dan username kepada pelayan.

(brl/red)