6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis ponsel Android tidak berfungsi

6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis ponsel Android tidak berfungsi

6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis tidak berfungsi

4. Kalibrasi sensor perangkat Android

6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis ponsel Android tidak berfungsi foto: freepik

Sensor bawaan seperti akselerometer (juga dikenal sebagai G-sensor) mungkin gagal membaca gerakan tangan kamu di perangkat. Meng-kalibrasi sensor ponsel dapat membantu memperbaiki masalah rotasi otomatis.

Namun, perangkat Android versi terbaru tidak memiliki alat kalibrasi. Jadi, menggunakan alat pihak ketiga khusus dapat membantu.

5. Mulai ulang perangkat dalam mode aman

6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis ponsel Android tidak berfungsi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi pihak ketiga sering kali mengganggu pengaturan perangkat. Jika aplikasi semacam itu menyebabkan rotasi otomatis tidak berfungsi di Android, kamu dapat mem-boot ulang perangkat dalam mode aman. Cara ini membantu kamu mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah dan menghapusnya dari sistem.

1. Tekan dan tahan tombol daya perangkat Android.

2. Kemudian, sentuh dan tahan tombol matikan hingga Restart dalam Mode Aman ditampilkan di layar.

3. Ketuk OK.

Ponsel Android kamu sekarang akan mengaktifkan mode aman dan kamu dapat mengaktifkan fitur rotasi otomatis dan memeriksa apakah sudah mulai berfungsi. Jika mulai berfungsi dalam mode aman, maka inilah saatnya kamu menghapus aplikasi pihak ketiga yang salah. Berikut cara menghapus aplikasi pihak ketiga yang merepotkan dari perangkat Android kamu.

1. Luncurkan Pengaturan.

2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & pemberitahuan.

3. Cari dan pilih aplikasi yang baru saja diinstal. Atau, aplikasi yang kamu unduh dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

4. Ketuk opsi Copot pemasangan. Kemudian konfirmasikan dengan mengetuk OK.

6. Perbarui perangkat Android

6 Cara memperbaiki fitur rotasi otomatis ponsel Android tidak berfungsi foto: freepik/jannoon028

Memperbarui perangkat Android dapat mendeteksi dan memperbaiki tanda-tanda masalah di dalam perangkat, yang selanjutnya meningkatkan kinerjanya. Jika fitur rotasi otomatis tidak berfungsi seperti yang seharusnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui ponsel kamu.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Tentang Ponsel.

3. Kemudian, ketuk Pembaruan Sistem atau versi Android ponsel. Sebagian besar tepat di bawah Tentang Telepon.

Setelah telepon memeriksa pembaruan terbaru, ketuk Unduh dan Instal. Jika opsi Pembaruan tidak muncul, berarti perangkat kamu sudah mutakhir.

(brl/red)