5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya

Techno.id - Banyak orang sering lupa bahwa ponsel pintar (smartphone) pada dasarnya adalah komputer kecil. Karena itu memerlukan perawatan seperti halnya laptop atau PC desktop untuk memastikan masa pakai lebih lama.

Jika diabaikan, ponsel Android dapat mengalami masalah jauh sebelum waktu yang tepat untuk menggantinya. Smartphone terdiri dari dua bagian utama, perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras ponsel akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Tetapi cara kamu menggunakan ponsel akan sangat memengaruhi berapa lama perangkat keras tersebut akan bertahan. Berikut 5 cara sederhana merawat perangkat keras ponsel.

1. Ikuti panduan kesehatan baterai

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/user16766420

Kamu harus mempelajari cara merawat baterai di dalam ponsel untuk meningkatkan masa pakainya. Berikut ini adalah lima pedoman kesehatan baterai yang paling penting yang harus kamu ikuti.

1. Hindari menggunakan ponsel dalam cuaca ekstrem atau melakukan apa pun yang menyebabkan panas berlebih. Idealnya, suhu ponsel harus berada di antara 0 derajat Celcius hingga 35 derajat Celcius.

2. Jangan gunakan ponsel saat sedang mengisi daya karena akan menghasilkan lebih banyak panas dalam prosesnya daripada yang sudah dihasilkan pengisi daya cepat.

3. Hindari pengisian daya nirkabel karena menghasilkan panas yang tidak perlu. Menggunakan pengisi daya dinding berkabel biasa adalah cara terbaik untuk mengisi daya ponsel.

4. Jangan mengisi penuh atau menguras daya baterai. Jaga agar daya baterai tetap berada di antara 20 hingga 80 persen setiap saat. Baterai akan menurun lebih cepat jika semakin tidak seimbang.

5. Hindari pengisian daya semalaman karena siklus pengisian daya yang lama lebih berbahaya bagi kesehatan baterai daripada siklus pengisian daya yang singkat sepanjang hari.

2. Hindari paparan air dan debu

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/yuriarcurspeopleimages

Hindari ponsel kamu dari paparan air dan debu. Terkadang, kerusakan yang terjadi karena elemen-elemen ini tidak langsung terlihat jelas, tetapi baru terlihat ketika sudah terlambat.

Tentu saja, beberapa ponsel dilengkapi dengan peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Tetapi itu bukan jaminan. Paparan air yang terlalu lama terkadang bisa menimbulkan karat pada port pengisian daya, dan debu bisa masuk ke speaker atau mikrofon dan memengaruhi kualitas panggilan.

3. Gunakan casing dan pelindung layar

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/rawpixel

Kebanyakan orang menggunakan casing dan pelindung layar untuk melindungi ponsel mereka dari jatuh atau benturan. Aksesori ini cukup murah, jadi jika rusak seiring waktu, kamu bisa menggantinya. Dengan melakukan cara ini, tidak hanya akan melindungi perangkat keras tetapi juga akan membuat ponsel terasa seperti baru lagi.

(brl/red)