Seberapa sering kamu mengganti ponsel? Terapkan kebiasaan baik ini untuk memperpanjang masa pakainya

Seberapa sering kamu mengganti ponsel? Terapkan kebiasaan baik ini untuk memperpanjang masa pakainya

Techno.id - Seberapa sering kamu harus mengganti ponsel? Sebenarnya, jika kamu menggunakan ponsel dengan lebih apik, maka tidak perlu terlalu sering mengganti perangkat dengan yang baru. Kamu bisa memperpanjang masa pakai smartphone.

Sangat wajar jika smartphone mengalami penurunan kualitas seperti halnya gadget elektronik lainnya, tetapi masa pakainya bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis pengguna. Seberapa sering kamu menggunakan ponsel, di mana kamu tinggal, dan seberapa baik kamu merawat perangkat tersebut.

Seberapa sering kamu mengganti ponsel? Terapkan kebiasaan baik ini untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik

Jika kamu menggunakan ponsel dalam waktu yang lama setiap hari, maka secara alami ponsel akan mengalami lebih banyak keausan. Namun jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu di depan laptop atau PC, ponsel kamu akan lebih lama tidak tersentuh sehingga tidak mengalami banyak penyalahgunaan.

Jika kamu ceroboh dan cenderung menjatuhkan ponsel, maka perangkat tersebut sangat berpotensi mengalami kerusakan.Jika kamu tinggal di suatu tempat dengan kondisi cuaca yang ekstrem, akan ada banyak tekanan yang diberikan pada baterai dan ponsel.

Selain itu kualitas perangkat keras di dalam ponsel juga memengaruhi masa pakainya. Ponsel flagship menggunakan bahan berkualitas tinggi dan akan bertahan lebih lama, sedangkan ponsel murah sering kali menggunakan komponen yang sudah ketinggalan zaman, sehingga akan lebih cepat usang.

Seberapa sering kamu mengganti ponsel? Terapkan kebiasaan baik ini untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/watchwater

Seberapa apik kamu merawat ponsel juga memainkan peran besar dalam berapa lama masa pakainya. Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang harus kamu ikuti untuk memperpanjang masa pakai ponsel.

1. Hapus aplikasi yang boros dan file lama untuk menghindari membengkaknya penyimpanan.

2. Jangan bermain game dengan grafis intensif yang tidak dapat ditangani ponsel kamu.

3. Gunakan casing dan pelindung layar untuk melindungi dari benturan.

4. Ikuti panduan kesehatan baterai dan hindari pengisian daya semalaman.

5. Bersihkan debu dan kotoran dari port ponsel secara teratur.

Seberapa sering kamu mengganti ponsel? Terapkan kebiasaan baik ini untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/tirachardz

6. Jangan mengunduh aplikasi dan file dari sumber yang tidak terverifikasi.

7. Nyalakan ulang ponsel setidaknya sekali seminggu.

8. Perbaiki ponsel hanya oleh penyedia layanan resmi.

9. Hindari meletakkan ponsel di tempat bersuhu ekstrem.

Selain melakukan langkah-langlah di atas, kamu juga harus selalu mengupgrade sistem operasi jika tersedia pembaruan. Cara ini juga akan memengaruhi kinerja smartphone yang kamu gunakan.

(brl/red)