5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya

5 Tips merawat hardware ponsel

4. Bersihkan semua bagian yang terbuka

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/bublikhaus

Seiring waktu, bagian yang terbuka pada ponsel akan menumpuk debu. Debu di port USB dapat mengganggu pengisian daya dan transfer data, mengacaukan audio di jack headphone, dan memperburuk kualitas panggilan di mikrofon dan speaker.

Untuk menghilangkan debu dan serat, ambil tusuk gigi atau alat pelepas SIM dan kikis dengan lembut dari lubangnya. Kamu juga bisa menggunakan sumbat anti-debu untuk menutup -lubang lubang pada ponsel.

5. Bersihkan layar, kamera, dan sisi-sisinya

5 Tips merawat perangkat keras ponsel Android untuk memperpanjang masa pakainya foto: freepik/andreycherkasov

Layar, unit kamera, dan bingkai ponsel juga akan kotor dari waktu ke waktu karena noda sidik jari dan debu. Beberapa ponsel dilengkapi dengan lapisan oleophobic pada layar yang mencegah bekas sidik jari, tetapi lapisan itu tidak akan bertahan selamanya. Jadi, sebaiknya bersihkan ponsel setidaknya sekali sehari.

Seberapa baik kamu merawat ponsel adalah salah satu dari banyak cara yang memengaruhi masa pakainya. Jika kamu tidak merawat ponsel sama sekali, secara alami ponsel akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan lebih awal.

Jika dirawat dengan baik, kamu dapat menghemat uang untuk biaya perbaikan dan perangkat kamu akan memiliki kinerja yang lebih baik dalam jangka panjang.

(brl/red)