7 Cara praktis keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota

image

Techno.id - WhatsApp merupakan platform untuk berkomunikasi populer untuk pengguna smartphone. Aplikasi yang sekarang dikembangkan oleh Meta ini memiliki berbagai fitur menarik. Mulai dari dapat mengirimkan chat, video call, hingga dapat berbagi status ke kontak yang dimiliki.

Untuk keperluan administrasi, WhatsApp juga dapat diandalkan. Karena platform tersebut dapat mengirimkan dan menerima sebuah dokumen dengan berbagai format file. Bahkan untuk berkirim seperti file foto maupun video, file aplikasi, dan lainnya juga dapat dilakukan.

Selain beberapa fitur di atas, terdapat satu kelebihan dari WhatsApp yang sering digunakan pengguna. Kelebihan yang dimaksud adalah WhatsApp Grup. Dengan fitur tersebut pengguna dapat membuat sebuah grup berisikan kontak yang dipilih agar mudah melakukan chat secara kolektif. Terbaru, pihak Meta akan memberikan kapasitas tambahan untuk anggota grup WhatsApp yang semula hanya 256 menjadi 512 anggota.

Namun di balik kemudahan dari WA Grup, ternyata ada loh efek negatifnya. Bagi pengguna tentu pesan di WA grup yang masuk akan lebih banyak daripada pesan pribadi. Artinya penyimpanan telepon akan lebih mudah terkuras. Dampak lain yang dapat muncul adalah munculnya notifikasi yang lebih masif apabila pengguna tidak membisukannya.

Akibat dari dampak negatif tersebut, beberapa pengguna lebih memilih untuk keluar dari WA grup. Namun tentu keluar dari sebuah perkumpulan akan memunculkan perhatian tersendiri, terlebih jika pengguna keluar semua anggota akan tahu. Tapi jangan risau, bagi kamu yang ingin keluar dari grup WhatsApp bisa dengan diam-diam loh. Kali ini techno.id pada Selasa (21/6) akan memberikan 7 cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota.

1. Blokir grup WhatsApp.

Keluar WA grup  berbagai sumber

foto: pexels.com

Memblokir WA grup merupakan cara cukup efektif untuk keluar. Dengan blokir grup tersebut, maka pengguna akan otomatis tidak dapat mengirimkan pesan maupun sebaliknya. Melakukan blokir Grup merupakan langkah paling aman jika pengguna dimasukan ke grup belum jelas ujungnya.

2. Matikan notifikasi WA Grup.

Membisukan notifikasi grup WA merupakan cara paling halus untuk keluar dari grup. Silakan untuk memilih bisukan grup selamanya, sehingga pengguna tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada pesan masuk di grup tersebut. Setelah itu arsipkan grup agar tidak selalu terbaca dan muncul di menu utama WhatsApp.

3. Gunakan nomor palsu.

Keluar WA grup  berbagai sumber

foto: pexels.com

Cara halus untuk keluar dari WhatsApp grup selanjutnya adalah dengan menggunakan nomor palsu. Sistemnya cukup simpel, pengguna hanya perlu mengganti nomor sementara, namun nomor asli jangan sampai non-aktif atau hilang. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan sebuah nomor palsu yang nantinya akan digunakan.
2. Kemudian masuk ke menu pengaturan WhatsApp.
3. Klik opsi Akun dan pilih ubah nomor WhatsApp.
4. Masukan nomor palsu yang telah disiapkan.
5. Setelah itu, silakan untuk keluar dari grup dengan cara biasa.
6. Setelah berhasil keluar dari nomor palsu, silakan untuk menghapus data dan cache WhatsApp.

Dengan cara tersebut pengguna masih ada di dalam grup, namun sejatinya telah keluar dengan nomor palsu yang disiapkan. Akan tetapi cara ini cukup merepotkan dan memakan waktu sedikit lebih lama.

4. Menggunakan nama dan profil palsu.

Bagi pengguna yang akan keluar dari grup bisa melakukan penyuntingan profil sementara. Silakan untuk hapus foto profil dan edit nama WhatsApp. Dengan mengedit profil maka pengguna lain kemungkinan besar tidak mengetahui profil asli pengguna. Walaupun cara ini masih memungkinkan untuk ketahuan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Melaporkan grup WhatsApp.

Keluar WA grup  berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengguna saat ini dapat melaporkan sebuah grup apabila terjadi pelanggaran paduan komunitas. Pihak developer akan melakukan tinjauan pada grup tersebut. Apabila terbukti terdapat perilaku anggota yang merugikan, maka grup dapat dinonaktifkan. Melaporkan grup juga menjadi salah satu cara agar pengguna untuk keluar tanpa ketahuan.

6. Menghapus data WhatsApp.

Menghapus data WhatsApp juga dapat dilakukan untuk keluar dari grup WA. Cara ini membuat data milik pribadi di WA akan terhapus, dengan begitu pengguna bisa keluar. Namun dengan menghapus data tentu berimbas pada data lain yang mungkin masih terpakai juga hilang. Untuk melakukan hapus data WhatsApp, pengguna dapat masuk ke Menu pengaturan aplikasi WA.

7. Hapus obrolan.

Keluar WA grup  berbagai sumber

foto: pexels.com

Menghapus obrolan dari WhatsApp grup juga termasuk cara halus untuk keluar dari grup. Dengan fitur menghapus obrolan pengguna tidak perlu melihat chat yang masuk setiap menggunakan WhatsApp. Bahkan setelah menghapus obrolan pengguna tidak akan menerima chating grup kembali.

Keluar WA grup  berbagai sumber

foto: pexels.com

Itulah beberapa cara agar pengguna dapat keluar dari WhatsApp grup tanpa diketahui oleh admin maupun anggota. Tentu bagi yang sedang risih dengan adanya grup tertentu dapat melakukan cara yang telah disebutkan. Namun terdapat kabar baik bagi pengguna WhatsApp, bahwa Meta tengah mempersiapkan fitur agar pengguna dapat keluar tanpa diketahui. Update tersebut tentu cukup ditunggu, mengingat ada banyak pengguna ingi keluar dari grup yang tidak jelas maksud dan tujuannya.


(brl/guf)