5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya

Techno.id - Dalam era di mana smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, penting bagi pengguna untuk menjaga perangkat mereka agar tetap berfungsi optimal. Salah satu komponen yang sering diabaikan adalah charger smartphone.

Meskipun sering digunakan, banyak dari kita tidak menyadari bahwa kebiasaan tertentu dapat merusak charger dan pada akhirnya memengaruhi kinerja perangkat. Berikut Techno.id membagikan 5 kebiasaan yang sering dilakukan pengguna smartphone yang dapat merusak charger, Selasa (05/12).

1. Menarik kabel dengan kasar

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya foto: freeepik/poravute

Salah satu kebiasaan yang paling umum adalah menarik kabel charger dengan kasar saat mencabutnya dari perangkat atau sumber listrik (stopkontak). Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada konektor kabel dan pada akhirnya mengganggu pengisian daya.

2. Menyimpan charger tidak tepat

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya foto: freeepik/splitov27

Beberapa orang cenderung menyimpan charger mereka dengan sembarangan, seringkali menggulung kabel dengan sangat rapat dan kasar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kabel dan bahkan bisa merusak bagian dalam charger karena sering mendapatkan tekanan.

3. Mencabut kabel langsung dari stopkontak

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya foto: freeepik

Kebanyakan orang sering mencabut charger dari colokan dengan menarik langsung dari kabelnya, tanpa memperhatikan konektor steker. Kebiasaan ini dapat merusak koneksi internal dan pada akhirnya memperlambat pengisian daya. Sebaiknya cabut charger dengan memegang adaptor.

4. Penggunaan charger yang tidak sesuai

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya foto: freeepik/volodymyr_vorona

Menggunakan charger yang tidak sesuai dengan merek dan model perangkat dapat merusak baterai dan komponen lainnya. Selalu disarankan untuk menggunakan charger yang disertakan produsen atau memilih charger yang kompatibel.

5. Mengisi daya saat perangkat dalam keadaan panas

5 Kebiasaan ini bisa merusak charger smartphone, simak penjelasannya foto: freeepik/escapejaja

Pengisian perangkat saat sedang digunakan atau dalam keadaan panas dapat meningkatkan suhu perangkat dan charger. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai dan mengurangi umur pakai charger karena kerusakan pada mesin.

Melindungi charger smartphone tidak hanya bermanfaat untuk kenyamanan pengguna, tetapi juga dapat menghemat biaya penggantian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menghindari kebiasaan yang dapat merusak charger agar perangkat tetap berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)