Google Maps bakal lebih pintar dari sebelumnya berkat AI generatif

Google Maps bakal lebih pintar dari sebelumnya berkat AI generatif

Techno.id - Google Maps mendapatkan dosis AI generatif untuk memungkinkan pengguna mencari dan menemukan tempat dengan cara yang lebih ramah, dan menyajikan saran yang berguna dan menarik. Teknologi AI pintar ini hadir dalam bentuk antarmuka pengguna melalui fitur ask about di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Google Maps seperti di mana menemukan tempat dengan suasana vintage.

Pertanyaan tersebut akan mendorong AI untuk menganalisis informasi, seperti foto, peringkat, dan ulasan, tentang bisnis terdekat, dan tempat untuk menyajikan saran terkait pertanyaan yang diajukan.

Dari contoh ini, Google mengatakan teknologi AI melayani toko kaset, toko pakaian, dan pasar loak dalam sarannya. Ini termasuk lokasi beserta rating, review, berapa kali rating, dan jarak dengan mobil. AI kemudian memberikan ringkasan ulasan yang menyoroti mengapa suatu tempat mungkin menarik.

Google Maps bakal lebih pintar dari sebelumnya berkat AI generatif foto: google

Pengguna kemudian dapat mengajukan pertanyaan lanjutan yang mengingat kueri sebelumnya, menggunakannya untuk konteks pada penelusuran berikutnya. Misalnya, ketika ditanya, "Bagaimana kalau makan siang?" AI akan mempertimbangkan komentar "getaran vintage" dari permintaan sebelumnya dan menggunakannya untuk menawarkan restoran jadul di dekatnya.

Pengguna dapat menyimpan saran atau membagikannya, membantu mereka berkoordinasi dengan teman-teman yang mungkin memiliki preferensi berbeda seperti menjadi vegan, memeriksa apakah suatu tempat ramah hewan peliharaan, memastikannya berada di dalam ruangan, dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan model bahasa besar raksasa penelusuran tersebut, Google Maps dapat menganalisis informasi mendetail menggunakan data dari lebih dari 250 juta lokasi, serta foto, peringkat, dan ulasan dari komunitasnya yang terdiri lebih dari 300 juta kontributor untuk memberikan saran yang "dapat dipercaya".

Google Maps bakal lebih pintar dari sebelumnya berkat AI generatif foto: google

Fitur eksperimental diluncurkan minggu ini tetapi hanya tersedia untuk "Pemandu Lokal terpilih" di Amerika Serikat. Fitur ini akan menggunakan wawasan dan umpan balik anggota ini untuk mengembangkan dan menguji fitur tersebut sebelum peluncuran penuh yang belum ditentukan waktunya oleh Google.

Integrasi AI di Google Maps dapat membuat pengguna menemukan tempat-tempat baru dengan mudah dan membantu bisnis kecil mendapatkan perhatian dan menemukan audiens.

(brl/red)