Microsoft rilis 4 fitur baru Bing, memudahkan pengguna pakai aplikasi pihak ketiga

Microsoft rilis 4 fitur baru Bing, memudahkan pengguna pakai aplikasi pihak ketiga

Techno.id - Bing adalah mesin pencari web milik Microsoft. Bing memudahkan pengguna dalam mencari berbagai informasi, sweb, gambar, video, berita, dan lain-lain.

Digadang-gadang menjadi pesaing utama Google, Bing semakin canggih karena dibuat berbasis AI. Contohnya seperti maching learning dan natural language perocessing agar bisa memahami konteks pencarian penggunanya.

Pencarian gambar, prediksi sebuah peristiwa, pencarian situs, dan masih banyak lain fitur yang dihadirkan Bing. Salah satunya juga penggunaan chatbot milik Bing.

Baru-baru ini Microsoft mengumkan jika chatbot Bing mendapatkan beberapa pembaruan. Apa saja fitur atau perubahan yang menjadi kegunaan baru pada Bing? Dihimpun techno.id dari Lifewire, berikut eksposisi terhadap detailnya.

1. Penambahan pendekatan multimodal

Multimodal adalah istilah untuk menjelaskan teknologi yang menggunakan berbagai mode input dan output dalam berinteraksi dengan pengguna. Contohnya seperti chatbot yang dapat menerima input dari teks dan memberikan output berupa suara. Jika contoh input dan outputnya pun masih bisa berlaku.

Kali ini Microsoft memberikan perubahan dari pencarian yang hanya berbasis teks dan chat, akan ditambah dengan gambar dan video. Bing telah bisa memberikan gambar berdasarkan permintaan teks. Namun nantinya bot akan bisa menampilkan gambar saat menjawab pertanyaan pengguna. Tak hanya itu, visual seperti grafis dan diagram juga sangat mungkin ditampilkan bot.

Microsoft rilis 4 fitur baru Bing, memudahkan pengguna pakai aplikasi pihak ketiga foto: freepik.com

2. Memori multi-sesi

Microsoft meningkatkan kemampuan belajar AI dengan memberikannya memori multi-sesi pada chatbot. Mulanya pengguna terikat pada jumlah prompt chat tertentu hingga bot harus mereset ulang. Akhirnya memori dari chat tersebut terhapus. Kini pencarian informasi bisa didasarkan lewat riwayat obrolan yang dilakukan pengguna. Tak hanya itu, Bing juga mulai mempersonalisasi obrolan dengan membawa konteks dari percakapan sebelumnya.

3. Aplikasi pihak ketiga

Microsoft akan membuat Bing dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dengan membangun alat dan aplikasi di atasnya. Tujuannya agar aplikasi pihak ketiga bisa menambah fungsionalitas kerja dari Bing dan aplikasi.

4. Beberapa peningkatan kecil

Perbaikan-perbaikan lain yang lebih kecil termasuk kemampuan untuk mengekspor log obrolan ke media sosial, kemampuan ringkasan yang lebih baik, dan opsi untuk mengunggah video saat mencari konten terkait di web.

(brl/red)