Google akan menambahkan fitur AI pada mesin pencari konvensional

Google akan menambahkan fitur AI pada mesin pencari konvensional

Techno.id - Google dikabarkan akan menambahkan fitur terbaru pada mesin pencari mereka. Fitur ini akan memanfaatkan generative AI. Dilansir dari thenewyorktimes, Google sedang dalam tahap awal pengembangan fitur ini.

Nantinya fitur ini akan memberikan pengguna pengalaman yang lebih personal. Selain itu, Google juga dikabarkan sedang mengembangkan sebuah fitur AI bernama Magi untuk mesin pencari mereka.

Menurut engadget, Google mengembangkan chatbot yang dapat menjawab pertanyaan yang bersifat technical. Bahkan Google juga sedang bereksperiman dengan fitur yang memungkinkan pengguna mencari musik melalui chatbot.

Dilansir dari theverge, fitur ini disinyalir merupakan usaha Google untuk tetap bersaing dalam teknologi chatbot seperti Bing Chat dan ChatGPT. Seperti yang diketahui, Google memang belum memiliki fitur AI dalam mesin pencari mereka. Padahal mesin pencari lain seperti Bing dan DuckDuckGO sudah memiliki fitur tersebut.

Google juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur generative AI lainnya. Fitur tersebut akan disematkan pada Google Chrome dan juga generative AI yang dapat membuat gambar seperti DALL-E. Fitur ini dikabarkan akan rilis Mei 2023 untuk pengguna di Amerika Serikat sebelum dirilis secara publik.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)