5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan

Techno.id - Pembaruan perangkat lunak juga akan menjamin ponsel kamu tetap berjalan dengan lancar saat digunakan. Smartphone Android umumnya menawarkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi masalah bug yang muncul. Selain itu pembaruan perangkat lunak juga akan menjamin ponsel kamu tetap berjalan dengan lancar saat digunakan.

Karena itu kamu harus selalu memantau pembaruan perangkat lunak yang biasanya akan diinformasikan melalui notifikasi. Selain itu, kamu juga secara berkala bisa memeriksa melalui fitur Pengaturan lalu cari Pembaruan perangkat lunak. Jika tersedia, sebaiknya kamu segera memperbaruinya.

Jadi jika kamu ingin ponsel tetap berjalan dengan lancar untuk waktu yang lama, kamu harus merawat perangkat lunaknya. Berikut cara melakukannya.

1. Jangan bebani penyimpanan perangkat

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan foto: freepik/rawpixel

Jangan terlalu banyak menyimpan data di penyimpanan sehingga kamu harus mengosongkannya. Sebab, jika tidak ada ruang yang tersisa untuk file dan aplikasi baru, termasuk yang bersifat sementara, ponsel kamu akan mulai lag dan melambat. Cara tercepat untuk mendapatkan kembali banyak penyimpanan adalah dengan menghapus semua aplikasi yang boros daya.

2. Selalu perbarui aplikasi dan sistem operasi

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan foto: freepik/rawpixel

Pembaruan perangkat lunak penting untuk ponsel karena membantu meningkatkan kinerja, efisiensi daya, menghapus bug, dan menambahkan fitur baru. Kamu dapat dengan mudah menemukan opsi untuk melihat apakah ada pembaruan OS baru yang tersedia untuk ponsel kamu di pengaturan.

Dengan selalu memperbarui akan meminimalkan kesalahan dan bug. Untuk memperbarui aplikasi di ponsel Android, buka aplikasi Google Play Store, ketuk foto profil kamu, pilih Kelola aplikasi & perangkat, dan ketuk Perbarui semua.

3. Hindari game dengan grafis intensif

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan foto: freepik

Sebaiknya kamu tidak mencoba mendorong perangkat hingga batas kemampuannya. Sekalipun kamu memiliki ponsel flagship, perangkat masih akan berjuang untuk mempertahankan kinerja puncaknya jika kamu memainkan game dengan grafis intensif untuk waktu yang lama.

Jika kamu memiliki ponsel kelas menengah, hindari memainkan game-game grafis tinggi sama sekali karena kemungkinan besar ponsel akan menjadi terlalu panas dan prosesor tidak akan mampu menangani beban kerja yang berat. Akibatnya, ponsel akan mengalami kelambatan, macet, dan bahkan mungkin restart tanpa diminta.

4. Jangan mengunduh aplikasi dan file dari sumber yang tidak terverifikasi

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan foto: freepik/evtyshok

Banyak orang menjadi korban aplikasi berbahaya dan malware yang tidak sengaja mereka unduh dari web. Untuk masalah keamanan dan privasi, lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal.

Google Play Store sebagian besar aman, tetapi kamu akan salah jika berasumsi bahwa Google Play Store tidak memiliki aplikasi berbahaya. Jangan menjelajahi situs yang terlihat jelas-jelas scam, dan hindari mengklik tautan yang terasa terlalu clickbait. Tetaplah berpegang pada apa yang telah terbukti dapat diandalkan.

5. Restart ponsel setidaknya sekali seminggu

5 Cara merawat perangkat lunak ponsel Android agar tetap lancar saat digunakan foto: freepik/wirestock

Ponsel pintar membutuhkan istirahat seperti halnya gadget elektronik lain. Namun banyak dari kita yang tidak pernah melakukannya. Restart ponsel kamu setidaknya sekali seminggu yang memungkinkannya menghapus file cache sementara, membunuh bug kecil, meningkatkan kinerja, dan menjaga kesehatan baterai, sehingga dapat berjalan lebih lancar untuk waktu yang lebih lama.

(brl/red)