Cara memainkan game Android di PC menggunakan emulator

Cara memainkan game Android di PC menggunakan emulator

Techno.id - Bermain game di smartphone memang mengasikkan. Namun untuk merasakan sensasi yang lebih seru, maka akan lebih asik jika bermain game mobile di PC. Selain memiliki layar yang lebih besar, menggunakan PC juga membuat kamu lebih leluasa menggunakan kontroler yang ada di keyboard PC.

Nah biasanya, untuk memigrasi game Android di PC dibutuhkan emulator, software yang memungkinkan perangkat PC meniru atau mengolah aplikasi Android. Di pasaran, banyak emulator Android untuk PC.

Sebut saja Bluestacks, emulator Android paling popular ini banyak digunakan para gamers karena mendukung sistem operasi Windows dan Mac. Selain itu ada juga NoxPlayer, emulator Android yang memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan. Emulator ini juga menawarkan beberapa fitur menarik, seperti mode multiplayer dan kemampuan merekam permainan.

Kemudian ada juga LDPlayer, emulator ini cocok untuk mereka yang ingin memainkan game Android di PC dengan grafik yang lebih baik. Emulator ini mendukung game popular seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Sementara Gameloop merupakan emulator yang dikembangkan Tencent, khusus digunakan untuk memainkan game Tencent mobile seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Jika kamu ingin emulator yang memiliki mode keymap dan mode gamepad kamu bisa memilih MemuPlay. nah begini cara menggunakan emulator untuk memainkan game mobile di PC.

Cara memainkan game Android di PC menggunakan emulator foto: pixabay/drmedyourrasenn

1. Unduh dan instal game Android di PC

Setelah memilih emulator untuk PC, kamu dapat mulai mengunduh dan menginstal game Android di komputer. Begini caranya.

- Buka emulator kamu dan klik Google Play Store

- Masuk ke akun Google

- Cari game Android yang ingin kamu download

- Jika sudah menemukan game yang diinginkan, klik Instal dan tunggu hingga proses selesai dan game akan otomatis terinstal di emulator

2. Konfigurasi pengontrol di emulator

Setelah game diinstal, langkah selanjutnya adalah mengonfigurasi pengontrol di emulator. Hal ini penting untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat bermain game Android di komputer. Begini cara mengonfigurasi pengontrol di emulator.

- Buka emulator yang kamu gunakan dan klik Pemetaan Kunci atau Pengontrol

- Pilih jenis pengontrol yang ingin kamu gunakan, keyboard atau joystick

- Setelah memilih, kamu dapat mulai menyesuaikan tombol pengontrol sesuai keinginan. Misalnya, kamu dapat menetapkan tombol keyboard untuk menggerakkan karakter, menembak, atau melakukan tindakan lain dalam game.

- Setelah menyesuaikan tombol pengontrol simpan pengaturan untuk digunakan di lain waktu

- Jika kamu menggunakan joystick sebagai pengontrol, pastikan kamu telah menghubungkan joystick ke PC dan mengonfigurasinya di emulator.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)