HMD Global luncurkan 3 ponsel Nokia baru terinspirasi retro versi asli

HMD Global luncurkan 3 ponsel Nokia baru terinspirasi retro versi asli

Techno.id - HMD Global, perusahaan di balik merek Nokia, mengumumkan tiga feature phone baru yang terinspirasi retro berdasarkan desain klasik dari awal 2000-an hingga 2010-an. Ketiga ponsel tersebut adalah Nokia 6310 (2024), Nokia 5310 (2024), dan Nokia 230 (2024), masing-masing merupakan handset modern dari tahun 2001, 2007, dan 2015, dan telah ditingkatkan dengan fungsionalitas modern termasuk fitur aksesibilitas lanjutan, Bluetooth 5.0, dan pengisian daya USB-C.

Ketiga ponsel tersebut diluncurkan di situs web HMD, yang menyediakan daftar lengkap fitur dan spesifikasi tetapi saat ini tidak menyertakan harga atau tanggal rilis. Namun, jangan berharap kamu bisa memainkan game Call of Duty Mobile atau menggulir Instagram di ponsel ini. Meskipun perangkat kerasnya mungkin baru, pengalamannya lebih mirip dengan ponsel Nokia asli daripada ponsel cerdas saat ini.

Artinya di dalam ponsel ini tidak ada toko aplikasi, fungsionalitas internet terbatas, dan hanya dukungan 2G, yang tidak akan berfungsi di jaringan yang lebih baru. Ini bisa menjadi masalah bagi pengguna yang tidak lagi memiliki akses ke jaringan 2G karena jaringan ini perlahan-lahan ditutup di beberapa negara.

HMD Global luncurkan 3 ponsel Nokia baru terinspirasi retro versi asli Nokia 6310 versi 2024 (foto: hmd global)

Jenis ponsel ini menawarkan UI yang jauh lebih sederhana, masa pakai baterai siaga yang lama yang diukur dalam hitungan minggu, bukan jam, dan desain yang mengingatkan kembali pada ponsel lama Nokia.

Nokia mengatakan fitur yang lebih terbatas membuat ponsel ini lebih mudah digunakan dan membantu memberikan detoksifikasi digital dari hal-hal seperti media sosial. Namun, seperti yang diharapkan, mereka memiliki kamera yang jauh lebih tidak mumpuni, tidak ada layar sentuh, tidak ada akses ke aplikasi streaming musik dan video, dan beberapa fitur lain seperti yang ada pada ponsel modern.

Ini bukan pertama kalinya HMD menghadirkan kembali desain klasik Nokia. Tahun lalu HMD merilis versi terbaru dari Nokia 130 dan 150 serta konsep ulang 6310, yang dirilis pada tahun 2021 dan memiliki baterai yang lebih kecil daripada versi tahun 2024 dengan menggunakan Micro USB.

(brl/red)