5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur

Techno.id - Saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Namun, penggunaan yang berlebihan dan tidak bijak dapat menyebabkan bahaya radiasi smartphone, dan ini seringkali diabaikan.

Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan smartphone dapat berdampak negatif pada kesehatan, terutama saat kamu tertidur. Berikut Techno.id merekomendasikan 5 cara untuk mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tidur, Senin (09/10).

1. Matikan smartphone atau aktifkan mode pesawat

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur foto: freepik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mematikan smartphone saat tertidur. Setidaknya aktifkan mode pesawat jika kamu perlu menerima panggilan darurat. Dengan mematikan smartphone, kamu akan mengurangi paparan radiasi yang tidak perlu di malam hari.

2. Jauhkan smartphone dari kasur

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur foto: freepik

Usahakan untuk meletakkan smartphone sejauh mungkin dari tempat tidur. Semakin jauh jaraknya, semakin kecil kemungkinan kamu terkena radiasi. Menggunakan meja kecil atau meja samping tempat tidur dapat membantu menjaga jarak yang aman.

3. Aktifkan mode malam

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur foto: freepik

Banyak smartphone modern memiliki fitur mode malam yang dapat diaktifkan pada jam-jam tertentu. Mode ini mengurangi cahaya biru yang berdampak pada ritme tidur. Selain itu, aktifkan mode malam untuk mengurangi radiasi yang tidak perlu saat kamu tidur atau membuka smartphone di malam hari.

4. Gunakan jam alarm

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur foto: freepik/whatwolf

Banyak orang menggunakan smartphone mereka sebagai jam alarm. Namun, ini berarti smartphone harus tetap aktif sepanjang malam. Sebaiknya, pertimbangkan untuk menggunakan jam alarm terpisah seperti menggunakan jam weker untuk alarm yang lebih sehat dan tidak memerlukan koneksi atau menimbulkan radiasi.

5. Pertimbangkan sarana perlindungan

5 Cara mengatasi bahaya radiasi smartphone saat kamu tertidur foto: freepik

Untuk langkah ekstra dalam melindungi diri dari bahaya radiasi smartphone, pertimbangkan untuk menggunakan sarana perlindungan seperti sarung atau box yang dapat memblokir sebagian besar radiasi. Beberapa perusahaan juga menghasilkan produk pelindung radiasi yang dapat dipasang pada smartphone.

Mengelola risiko radiasi smartphone saat tidur adalah cara yang penting. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membantu melindungi diri sendiri dari paparan radiasi yang berlebihan saat tidur, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Tetap bijak dalam penggunaan smartphone dan pertimbangkan kesehatan sebagai prioritas utama.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)