5 Cara menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android

5 Cara menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android

Techno.id - Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terinstal di ponsel cerdas Android, sangat mungkin beberapa di antaranya tersembunyi atau sengaja kamu sembunyikan. Tidak jarang untuk menemukan aplikasi tersembunyi tersebut bukan pekerjaan mudah.

Meski kamu bisa menggunakan menu pengaturan untuk mencari aplikasi tersembunyi tersebut, tetapi terkadang cukup rumit sehingga kamu sering membutuhkan alat seperti aplikasi Pengaturan Google untuk mengakses fitur tersembunyi. Karena setiap perangkat menampilkan daftar lengkap aplikasinya, ketahui langkah-langkah dasar untuk menampilkannya.

1. Menggunakan akses khusus

5 Cara menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Di menu Aplikasi, kamu akan menemukan opsi Akses Aplikasi Khusus. Di sini, aplikasi kamu dipecah berdasarkan hak istimewa yang dimilikinya di ponsel.

Misalnya, jika kamu masuk ke all files access, itu akan menampilkan setiap aplikasi yang dapat menggunakan file digital. Kamu dapat memfilter melalui aplikasi dengan akses ke gambar, notifikasi, layanan pembantu VR, kontrol Wi-Fi, dan lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk mempersempit jenis program yang kamu cari, termasuk untuk menemukan aplikasi tersembunyi di Android.

2. Menggunakan folder laci aplikasi

5 Cara menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Seiring berkembangnya perangkat Android, perangkat tersebut menawarkan cara yang lebih baik untuk mengelola konten. Pabrikan dan peluncur yang berbeda menawarkan solusi berbeda untuk menyembunyikan aplikasi di Android, tetapi semuanya memiliki kesamaan, laci aplikasi. Ini adalah tampilan aplikasi yang dapat digulir saat menggeser ke atas di layar Beranda ponsel.

Dari sini, kamu dapat menyembunyikan dan menampilkan aplikasi di beberapa sistem Android melalui tombol menu laci-biasanya terlihat seperti tiga titik atau ikon roda gigi. Perangkat lain memiliki fitur alternatif, seperti folder. Untuk menggunakannya, buka menu, pilih Buat folder, ketik judul, dan pilih aplikasi untuk dikelompokkan bersama.

Saat mencari aplikasi tersembunyi, pastikan kamu memeriksa folder, karena dapat mengaburkan aplikasi yang ada di dalamnya. Jadi, menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android bisa lebih mudah.

3. Menggunakan pengelola file

5 Cara menemukan aplikasi tersembunyi di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara lain untuk menyaring aplikasi di ponsel adalah dengan menggunakan pengelola file. Semua perangkat Android harus dilengkapi dengan fitur ini, biasanya berlabel File.

Ketuk ikon pengelola file untuk membuka daftar kategori dan alat. Masuk ke Aplikasi untuk melihat semua program yang diinstal pada perangkat kamu bersama dengan file APK (Paket Android) apa pun. Selain menampilkan aplikasi yang tersembunyi dan terlupakan, kamu juga dapat mengelola setiap item dari sini, mulai dari berbagi hingga mencopot pemasangannya.

Namun, pengelola file tidak selalu menampilkan aplikasi sistem yang merupakan bagian dari fungsi dasar perangkat. Dengan kata lain, buka pengelola file hanya jika kamu ingin menemukan aplikasi tersembunyi yang sebelumnya kamu unduh.

Fitur lain yang perlu diingat adalah opsi folder aman di banyak pengelola file. Ini adalah tempat yang aman untuk menyimpan file dan memerlukan PIN atau pola untuk membukanya.

(brl/red)