5 Cara memperbaiki lag saat mengetik di perangkat Windows

5 Cara memperbaiki lag saat mengetik di perangkat Windows

5 Cara memperbaiki lag saat mengetik di perangkat Windows

2. Menonaktifkan Filter Keys

Filter keys adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Windows untuk memudahkan pengguna dengan gangguan saraf atau kekakuan. Filter Keys yang aktif akan menyebabkan delay saat mengetik atau memerlukan waktu yang lama untuk menekan tombol pada keyboard agar tulisan dapat terketik. Coba periksa pengaturan Filter Keys pada Windows setting, karena bisa jadi kamu secara tidak sengaja mengaktifkannya. Cukup buka Windows setting, lalu pilih Ease of Access dan pilih opsi keyboard, selanjutnya perhatikan menu Filter Keys, jika tercentang aktif berarti itu yang menjadi penyebab keyboard pada laptopmu ngelag. Nonaktifkan Filter Keys agar keyboard dapat berfungsi seperti semula.

3. Update keyboard driver

Salah satu penyebab keyboard mengalami gangguan karena tipe drivernya yang sudah usang. Cobalah untuk mengupgrade keyboard driver dengan cara menekan Windows key + X dan klik Device Manager. Setelah itu klik kanan pada opsi keyboard dan pilih update driver. Terakhir klik opsi Search automatically for updated driver software dan tunggu sampai proses selesai.

4. Instal ulang keyboard driver

Cara ke 4 ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi sama sekali. Caranya sangat mudah, pertama klik Windows key + X dan klik Device Manager. Klik kanan pada opsi keyboard lalu pilih uninstall device kemudian setujui proses uninstall tersebut. Setelah itu instal kembali keyboard driver dengan mengklik kanan tombol action pada dasbor atas dan pilih opsi Scan for hardware changes. Keyboard driver akan otomatis terinstall ulang.

5. Restart laptop kamu

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan merestart laptop. Tutup semua aplikasi dan dokumen yang sedang dikerjakan, lalu matikan laptop kamu. Setelah mati tunggu beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali.

(brl/guf)