Pastikan mudik Lebaran nyaman, ini cara mudah memilih kursi saat memesan tiket kereta api via HP & PC

Pastikan mudik Lebaran nyaman, ini cara mudah memilih kursi saat memesan tiket kereta api via HP & PC

Techno.id - Lebaran kian dekat, maka musim mudik dimulai. Jalanan mendadak akan ramai tidak sepi seperti sebelumnya. Pelabuhan juga sesak dipenuhi orang yang hendak menyebrang. Demikian juga terminal. Belum lagi dibarengi oleh harga tiket yang melambung naik, tak terkecuali juga tiket kereta api.

Banyak sekali orang yang melakukan mudik menggunakan kereta api. Ini menyebabkan begitu padatnya gerbong kereta ketika dinaiki. Biasanya perjalanan kereta dilakukan untuk menempuh tujuan yang cukup jauh. Sehingga waktu tempuh cukup lama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih tempat duduk yang nyaman agar perjalanan mudik nyaman. Hal yang bisa dipertimbangkan ketika memilih kursi saat memesan tiket kereta api adalah jenis kelas yang kamu tumpangi. Karena setiap jenis kelas memberikan fasilitas kereta yang berbeda. Termasuk juga detail kursi.

Dikutip dari kai.id, terdapat 4 jenis kelas di kereta api Indonesia. Yang pertama adalah kelas ekonomi. Pada kelas ini terdapat kapasitas sejumlah 106 kursi tipe ekonomi, 80 kursi tipe ekonomi premium, dan 64 kursi khusus golongan prioritas.

Khusus untuk tipe ekonomi premium, model tempat duduknya dibagi menjadi dua. Ada yang menghadap searah pergerakan kereta dan ada yang berlawanan. Tipe tersebut telah dilengkapi reclining seat dan arm rest.

Kelas yang kedua adalah kelas bisnis. Di kelas ini tidak ada fasilitas reclining seat. Arah posisi duduk juga bisa diatur sesuai keinginan penumpangnya. Bahkan posisi kursi bisa diatur menghadap ke belakang.

Yang ketiga adalah kelas eksekutif. Di dalam gerbong, kelas ini menampung hanya kapasitas sejumlah 50 kursi. Posisi tempat duduk put tersusun 2-2. Berbeda dengan kelas ekonomi, kursi di kelas eksekutif jauh lebih empuk. Ruang kaki yang diberikan pun cukup lebar. Tersedia tempat kaki untuk memijak.

Dan yang terakhir adalah luxury. Kereta api luxury atau sleeper yang diperkenalkan KAI pada tahun 2019 memuat kapasitas 26 kursi. Fasilitas yang disediakan sangatlah memaksimalkan kenyamanan. Contohnya seperti akses stop kontak, faslilitas makan gratis beserta snack, minuman berupa kopi atau teh gratis. Secara kualitas kursi pun merupakan yang terbaik dibanding kelas-kelas lain.

Jumlah jenis kelas tersebut bisa menjadi pertimbangan memilih kursi seperti apa yang ingin ditumpangi. Lalu bagaimana cara memilihnya ketika kita memesan tiket kereta? berikut techno.id telah melansir dari berbagai sumber pada Senin (17/4) cara memilih kursi saat memesan tiket kereta.

(brl/guf)