5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop

5 Cara mengatasi email tidak bisa terkirim

4. Menghapus cache aplikasi Gmail di Android

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop foto: freepik/suwant

Jika masalah terus berlanjut, file cache aplikasi Gmail mungkin rusak. File cache meningkatkan performa aplikasi di ponsel (dan komputer) dengan menyimpan aset secara lokal, di perangkat kamu, daripada mengunduhnya dari internet setiap kali kamu membuka aplikasi.

Aplikasi yang berbeda menyimpan jenis file yang berbeda, karena setiap aplikasi memiliki kebutuhan yang berbeda, meskipun gambar dan kode cukup umum. Ketika file yang di-cache menjadi rusak, kamu mungkin mengalami sejumlah masalah dengan aplikasi.

Dalam kasus ini, kamu perlu menghapus file cache aplikasi yang rusak. Hal ini tidak akan menghapus data akun kamu di aplikasi, dan aplikasi akan membangun kembali file-file ini saat kamu menggunakannya. Perhatikan bahwa kamu hanya dapat menghapus file cache aplikasi di Android. Di iPhone, kamu harus menghapus dan menginstal ulang aplikasi untuk menghapus file cache aplikasi.

Untuk memulai, di ponsel Android, buka Pengaturan > Aplikasi > Gmail > Penyimpanan. Di sini, ketuk "Hapus Cache." Tutup Pengaturan dan luncurkan kembali aplikasi Gmail kamu.

5. Memperbarui Gmail di iPhone atau smartphone Android

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop foto: freepik/muravev

Jika aplikasi Gmail kamu sudah ketinggalan zaman, bug yang ada pada versi lama mungkin menjadi penyebab tidak bisa mengirim email. Jika demikian, memperbarui aplikasi ke versi terbaru mungkin akan memperbaiki masalah.

Untuk memperbarui Gmail di Android, buka Google Play Store, cari "Gmail", dan ketuk "Perbarui". Jika kamu tidak melihat tombol "Perbarui", berarti aplikasi kamu sudah diperbarui.

Untuk memperbarui aplikasi Gmail di iPhone, buka App Store, ketuk "Pembaruan" di bar bagian bawah, dan pilih "Perbarui" di samping "Gmail". Jika kamu tidak menemukan Gmail di layar "Pembaruan", aplikasi kamu sudah diperbarui.

(brl/red)