4 Langkah penting keamanan siber yang wajib kamu terapkan agar terhindar dari kejahatan digital

4 Langkah penting keamanan siber yang wajib kamu terapkan agar terhindar dari kejahatan digital

Techno.id - Dengan semakin canggihnya serangan siber, tidak pernah ada yang lebih penting untuk memastikan aktivitas digital kamu terlindungi. Ada beberapa langkah keamanan yang bisa kamu lakukan, tetapi 4 langkah yang dirinci dalam artikel ini sangat penting. Mengikuti 4 langkah ini akan membuat jaringan rumah atau bisnis kamu jauh lebih tangguh dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk disusupi serangan siber.

Mengatur tahap keamanan siber

Setiap interaksi dan data yang dibagikan, serta transaksi online merupakan titik kerentanan potensial jika tidak dilindungi. Keamanan siber bukan hanya tentang melindungi bit dan byte, tetapi juga sangat penting untuk melindungi informasi pribadi, aset keuangan, dan bahkan identitas pengguna.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah keamanan siber, kamu tidak hanya melindungi diri sendiri dari ancaman, tetapi juga berkontribusi pada ekosistem digital yang lebih aman bagi semua orang.

Penting untuk dipahami bahwa keamanan siber bukanlah tugas sekali jadi. Ini adalah proses berkelanjutan untuk memperbarui, mengedukasi, dan beradaptasi dengan lanskap ancaman yang terus berkembang. Berikut empat langkah yang harus kamu terapkan untuk menangkal serangan siber.

1. Mengidentifikasi dan menangkal upaya phishing

4 Langkah penting keamanan siber yang wajib kamu terapkan agar terhindar dari kejahatan digital foto: freepik

Menjelajahi lanskap digital memerlukan kewaspadaan terhadap taktik-taktik yang menipu. Di antaranya, phishing sebagai ancaman yang signifikan. Sampai saat ini phishing tetap menjadi salah satu teknik utama yang digunakan penjahat siber untuk menipu individu agar memberikan data sensitif atau menjalankan perangkat lunak berbahaya.

Indikator utama upaya phishing meliputi.

1. Bahasa emotif yang meminta tindakan segera.

2. Permintaan yang tidak diminta untuk informasi pribadi atau keuangan.

3. Alamat email atau URL yang tidak sesuai dengan alamat pengirim yang seharusnya atau diformat secara aneh.

Perlu dicatat, meskipun kesalahan ejaan dan tata bahasa dulunya merupakan tanda yang dapat diandalkan, upaya phishing modern dapat disusun dengan sempurna karena penerapan alat bantu penulisan AI.

Tindakan defensif

Menolak.Tidak mengklik tautan yang mencurigakan atau membuka lampiran yang tidak diharapkan.

Melaporkan.Gunakan fitur bawaan di klien email untuk melaporkan dugaan phishing. Di lingkungan bisnis, ikuti prosedur yang ditetapkan untuk pelaporan.

Basmi.Hilangkan email tersebut dari kotak masuk kamu. Menahan diri dari interaksi apa pun, termasuk berhenti berlangganan.

2. Menerapkan protokol kata sandi yang kuat

4 Langkah penting keamanan siber yang wajib kamu terapkan agar terhindar dari kejahatan digital foto: freepik/rawpixel

Kata sandi bertindak sebagai garis pertahanan awal, melindungi data dari penyusupan yang tidak sah. Kata sandi harus terstruktur untuk menahan berbagai serangan siber.

Membuat kata sandi yang aman

Kata sandi yang lemah hanya memberikan ketahanan minimal terhadap serangan brute force. Berikut cara untuk meningkatkan kekuatan kata sandi.

Panjang. Disarankan minimal 16 karakter.

Kompleksitas. Kombinasikan huruf besar dan huruf kecil, angka, dan simbol.

Variabilitas. Menggunakan frasa yang terdiri dari kata-kata yang tidak berhubungan, mungkin dengan kesalahan pengejaan yang disengaja atau penggantian angka, dapat meningkatkan keamanan.

Manajemen kata sandi

Perlunya kata sandi yang unik untuk berbagai akun dapat menyebabkan banyaknya kombinasi yang rumit untuk diingat. Di sinilah pengelola kata sandi menjadi pengubah permainan. Alat-alat ini dirancang untuk menghasilkan kata sandi yang aman secara kriptografis dan menyimpannya dalam brankas terenkripsi, yang hanya dapat diakses melalui kata sandi utama.

Dengan pengelola kata sandi yang andal, tidak hanya beban untuk mengingat banyak kata sandi yang diringankan, tetapi juga jaminan keamanan yang lebih baik juga disediakan. Dengan mempercayakan alat khusus untuk mengawasi pembuatan dan penyimpanan kata sandi, seseorang akan semakin memperkuat pertahanan digital mereka terhadap potensi pelanggaran.

(brl/red)