Google bakal menghapus tampilan Gmail klasik pada awal 2024, ini alasannya

Google bakal menghapus tampilan Gmail klasik pada awal 2024, ini alasannya

Techno.id - Pengguna Gmail yang menggunakan mode tampilan HTML Basic View (klasik) tidak akan dapat melakukannya lagi mulai Januari 2024. Padahal versi klasik antarmuka web Gmail yang dianggap sederhana ini cukup banyak digunakan.

Bahkan sampai saat ini, masih banyak pengguna Gmail yang mengakses mode tampilan HTML dasar dan menjadikannya sebagai mode tampilan default di situs.

Google mengonfirmasi penghentian mode tampilan HTML Dasar pada halaman dukungan. Dalam keterangan resminya, Google menulis pengguna dapat menampilkan Gmail di browser dalam tampilan HTML Dasar hingga Januari 2024. Setelah tanggal tersebut, Gmail secara otomatis berubah menjadi tampilan Standar.

Google bakal menghapus tampilan Gmail klasik pada awal 2024, ini alasannya foto: unsplash/justin morgan

URL mode tampilan HTML dasar yang membuka mode klasik saat ini akan dialihkan ke antarmuka tampilan Standar secara otomatis setelah perubahan terjadi. Google selanjutnya menjelaskan bahwa Gmail akan dibuka dalam tampilan Standar secara otomatis, jika browser didukung.

Sementara browser yang tidak didukung mungkin tidak akan memuat situs web Gmail lagi setelah tampilan Standar menjadi satu-satunya mode tampilan yang tersedia di situs. Google menawarkan beberapa rekomendasi untuk pengguna Gmail yang tidak dapat memuat tampilan Standar di browser yang mereka gunakan. Tipsnya termasuk beralih ke browser yang didukung, memeriksa koneksi Internet atau menggunakan perangkat yang berbeda.

Google bakal menghapus tampilan Gmail klasik pada awal 2024, ini alasannya foto: unsplash/jay wennington

Selain itu, pengguna Gmail dapat menggunakan aplikasi Gmail di perangkat selular mereka atau klien email khusus untuk mengakses layanan ini.

Alasan Google menghentikan tampilan HTML Dasar Gmail karena kurang mendukung beberapa fitur yang diperkenalkan Google belakangan ini, termasuk di antaranya kemampuan untuk menambah atau mengimpor kontak.

(brl/red)