5 Cara backup memori di laptop, jaga datamu agar tetap aman

5 Cara backup memori di laptop, jaga datamu agar tetap aman

-

3. Pindahkan di CD, DVD, atau Blu-Ray Disk

5 Cara backup memori di laptop, jaga datamu agar tetap aman (Foto: Freepik.com/songsak)

Meskipun memindahkan data ke CD, DVD, dan Blu-Ray Disk adalah cara back up data yang tak lagi popular, namun cara ini masih tetap bisa diandalkan meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, back-up data dengan cara ini juga meminimalisir resiko kegagalan penyimpanan.

4. Gunakan USB flash drive

5 Cara backup memori di laptop, jaga datamu agar tetap aman (Foto: Freepik.com/olhasolodenko)

Penyimpanan eksternal lainnya yang dinilai cukup efektif untuk membackup data di laptop adalah USB flash-drive. Flash-drive adalah perangkat penyimpanan eksternal yang menggunakan memori flash untuk menyimpan data.

Flash drive dapat dipasang langsung ke komputer atau perangkat seluler dan mudah digunakan karena ukurannya yang kecil. Selain itu harganya juga lebih terjangkau daripada Hard Drive konvensional lainnya.

5. Simpan di NAS drive

5 Cara backup memori di laptop, jaga datamu agar tetap aman (Foto: Freepik.com)

Network Attached Storage (NAS drive) adalah layanan yang juga berfungsi untuk menyimpan data. NAS dapat beroperasi melalui sambungan kabel maupun nirkabel, bergantung pada jenis penyimpanan dan sistem komputer. NAS drive juga dapat memback-up data lebih dari satu komputer atau laptop sekaligus. Sayangnya NAS drive dibanderol dengan harga yang cukup tinggi sehingga sedikit yang berminat menggunakannya.

(brl/red)