4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Chrome

3. Matikan sinkronisasi otomatis

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Sinkronisasi otomatis memungkinkan Chrome menyinkronkan data dan fitur tertentu di berbagai platform jika kamu masuk menggunakan satu email. Fitur ini memastikan bahwa kamu memiliki bookmark, alamat, riwayat browser, metode pembayaran, kata sandi, daftar bacaan, tab yang terbuka, bahkan pengaturan browser di semua perangkat, sehingga kamu tidak perlu repot memulai dari awal.

Tetapi jika memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu lebih penting daripada kenyamanan sinkronisasi otomatis, kamu harus mematikan fitur tersebut.

1. Buka Chrome dan ketuk menu tiga titik di kanan atas.

2. Pilih Pengaturan dari menu pop-up, lalu ketuk Sinkronisasi.

3. Untuk menonaktifkan sinkronisasi, pilih Keluar dan matikan sinkronisasi, lalu ketuk Lanjutkan.

Jika kamu ingin terus menyinkronkan data penting seperti kata sandi, metode pembayaran, dan alamat, nonaktifkan Sinkronkan semuanya di bagian atas halaman, lalu aktifkan data penting saja. Kamu juga harus memilih opsi kedua jika ingin tetap masuk ke akun Google di Chrome.

4. Nonaktifkan pemuatan awal halaman

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Preloading adalah fitur yang memungkinkan Chrome memuat halaman yang diperkirakan akan kamu kunjungi sebelum membukanya. Intinya, pramuat membantu mempercepat Chrome, sehingga menghasilkan pengalaman menjelajah yang lebih cepat. Namun, pemuatan latar belakang ini berarti Chrome harus bekerja lebih keras, sehingga menghabiskan lebih banyak baterai.

Untuk menonaktifkan pramuat, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan dari pop-up. Ketuk Privasi & keamanan, dan pada halaman berikutnya, pilih Halaman pramuat, lalu pilih Tidak ada pramuat.

Setelah melakukannya, kamu mungkin akan melihat halaman dimuat lebih lambat dari biasanya karena Chrome hanya akan memuat sumber daya saat kamu mengetuk untuk mengunjungi halaman.

(brl/red)