Google Chrome bakal menambahkan fitur yang dapat memperingatkan pengguna tentang ekstensi berbahaya

Google Chrome bakal menambahkan fitur yang dapat memperingatkan pengguna tentang ekstensi berbahaya

Techno.id - Google Chrome akan menambahkan fitur keamanan online untuk melindungi pengguna. Rencananya Chrome akan menambahkan fitur untuk memperingatkan pengguna tentang ekstensi yang berpotensi berbahaya di dalam Toko Web Chrome.

Langkah ini merupakan tanggapan atas meningkatnya jumlah kasus yang melibatkan ekstensi yang membahayakan privasi dan keamanan pengguna. Selama ini ekstensi peramban, selain meningkatkan pengalaman menjelajah, juga ternyata menjadi ancaman siber.

Sebab, ekstensi berbahaya dapat memperoleh akses ke data pengguna yang sensitif termasuk memantau aktivitas online. Ekstensi semacam itu sering kali menyamar sebagai alat yang sah, sehingga menyulitkan pengguna untuk membedakan mana yang aman dan mana yang berbahaya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google Chrome memperkenalkan fitur yang akan memberi tahu pengguna ketika ekstensi yang terinstal telah dihapus dari Toko Web Chrome. Penghapusan ini biasanya menunjukkan bahwa ekstensi ditemukan berbahaya atau melanggar kebijakan toko.

Google Chrome bakal menambahkan fitur yang dapat memperingatkan pengguna tentang ekstensi berbahaya foto: freepik/new africa

Dengan menerapkan sistem peringatan ini, Chrome ingin memberikan informasi yang diperlukan kepada pengguna untuk membuat keputusan yang tepat tentang ekstensi yang mereka simpan.

Saat pengguna memiliki ekstensi yang telah dihapus dari Toko Web Chrome, sebuah notifikasi akan ditampilkan. Notifikasi ini akan memperingatkan pengguna bahwa ekstensi tersebut telah diidentifikasi sebagai ekstensi yang bermasalah dan dapat menimbulkan risiko terhadap keamanan online mereka.

Pengguna yang tertarik untuk mengaktifkan fitur peringatan baru ini dapat melakukannya dengan menavigasi ke fitur Modul Ekstensi dalam Pemeriksaan Keamanan dalam pengaturan Chrome. Tetapi fitur ini hanya tersedia di Chrome 116. Hal ini memastikan bahwa pengguna dapat secara proaktif melindungi diri mereka sendiri dari ekstensi yang berpotensi berbahaya.

(brl/red)