4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba

4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba

Techno.id - Sudah menjadi kelaziman jika Google menjadi mesin telusur default bagi miliaran pengguna internet di seluruh dunia. Padahal, selain Google masih banyak mesin telusur yang bisa kamu coba sebagai alternatif.

Dari sisi base data yang dimiliki, mesin telusur alternatif ini juga dapat diandalkan. Tidak jarang mesin telusur ini berfokus pada privasi, opsi penyesuaian, atau kesederhanaan. Masing-masing mesin telusur alternatif ini menawarkan sentuhan yang berguna pada penelusuran.Berikut 5 mesin telusur alternatif sebagai pengganti Google yang bisa kamu coba keandalannya.

1. Bing

4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba foto: microsoft bing

Saat mempertimbangkan untuk mengganti Google, Bing Microsoft menawarkan pengalaman visual dinamis yang layak untuk dijelajahi. Antarmukanya yang ramah dimuat dengan tab khusus berwarna-warni untuk mencari gambar, berita, video, dan peta dengan mudah hanya dengan satu klik.

Berita utama yang sedang tren memberikan gambaran sekilas tentang penelusuran popular. Tombol Copilot di sebelah logo memungkinkan pengguna mengobrol dengan asisten AI Microsoft tersebut.

Bing juga meningkatkan fungsionalitas dengan menautkan penelusuran ke akun Microsoft pengguna. Mengelola privasi dan data pencarian menjadi mudah melalui pengaturan dan opsi pencarian aman Bing untuk memfilter hasil berdasarkan lokasi atau menghapus riwayat pencarian sepenuhnya.

2. DuckDuckGo

4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba foto:duckduckgo

Jika ingin mesin pencari yang mengutamakan privasi, DuckDuckGo adalah alternatif Google yang sangat baik. DuckDuckGo menawarkan beranda yang bersih dan disederhanakan yang menampilkan bilah pencarian dan sakelar pengaturan. Saat memasukkan kueri penelusuran, hasilnya diatur ke dalam tab yang nyaman untuk gambar, video, berita, dan peta.

Filter seperti Penelusuran Aman, Wilayah, dan lainnya muncul di atas untuk membantu mempersempit penelusuran kamu. Pada saat yang sama, Jawaban Instan untuk pertanyaan umum seperti cuaca atau konversi mata uang ditampilkan dengan jelas di bagian atas.

Pengaturan seperti penempatan URL, font, dan bahasa dapat diterapkan melalui menu pengaturan untuk menyesuaikan pengalaman penelusuran pengguna. Jika kamu mengaktifkan Gulir Tak Terbatas, hasil akan diperluas dengan lancar.

Yang paling penting, DuckDuckGo tidak pernah menyimpan riwayat penelusuran atau penelusuran, alamat IP, atau data pribadi lainnya. Hasil penelusuran benar-benar anonim, memberikan lapisan privasi yang meyakinkan yang tidak dapat diklaim oleh pemain utama seperti Google.

3. Brave Search

4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba foto: brave

Sementara mesin pencari lain mengandalkan indeks pihak ketiga seperti Google dan Bing, Brave Search telah mencapai tonggak sejarah yang unik, beroperasi dengan kemandirian 100%. Dengan mengembangkan indeksnya melalui kontribusi anonim pengguna melalui Proyek Penemuan Web Brave, platform ini memberikan hasil pencarian yang sepenuhnya pribadi dan independen.

Brave mengklaim telah mengumpulkan lebih dari 22 juta penelusuran harian rata-rata, menjadikannya mesin telusur dengan pertumbuhan tercepat selain Bing. Adopsi yang cepat ini memungkinkan tim pencari untuk meningkatkan hasil pencarian secara kompetitif.

Beranda pencarian minimal berfokus pada kueri pengguna, hanya dengan logo, bilah pencarian, dan tombol unduh browser Brave. Filter canggih seperti lokasi, waktu, dan penelusuran aman, bersama dengan fitur Goggles, memungkinkan pemfilteran hasil kueri kamu yang disesuaikan.

Brave Search adalah alternatif independen terkemuka untuk penelusuran yang menjaga privasi yang dikirimkan dari sumber yang dapat dikontrol.

4. Swisscows

4 Mesin pencari alternatif selain Google yang bisa kamu coba foto:swisscows

Pencarian dengan tetap menjaga privasi dan keamanan untuk segala usia menjadi prioritas Swisscows. Sebagai alternatif yang hanya berfokus pada perlindungan pengguna, Swisscows memastikan lingkungan ramah anak yang bebas dari konten yang tidak pantas.

Berandanya memungkinkan pemasangan yang mudah sebagai mesin telusur default browser pengguna. Hasil kemudian disaring dengan hati-hati untuk memblokir kueri yang mengganggu.

Bagian tambahan mengatur hasil pencarian untuk web, gambar, video, dan musik. Pengguna dapat melihat pratinjau hasilnya sebelum membuka sepenuhnya. Di pratinjau, kamu akan diperlihatkan jumlah pelacak di halaman tersebut.

Swisscows meningkatkan privasi dengan menganonimkan semua kueri dalam waktu tujuh hari. Pada dasarnya, platform ini tidak mengumpulkan atau menyimpan informasi identitas pribadi pengguna selama pencarian.

(brl/red)