4 Cara memperbaiki fitur ID Wajah yang tidak berfungsi di iPhone

4 Cara memperbaiki fitur ID Wajah yang tidak berfungsi di iPhone

Techno.id - Apple memperkenalkan fitur ID Wajah di iPhone X pada 2017. Fitur ini menggantikan sensor sidik jari Touch ID. Tetapi tidak seperti metode buka kunci wajah konvensional, ini adalah sistem biometrik yang jauh lebih canggih dan aman.

Fitur ID Wajah menggunakan sistem kamera True Depth Apple untuk menganalisis kedalaman wajah kamu menggunakan ribuan titik yang diproyeksikan. Gambar inframerah dari wajah kamu juga ditangkap. Hasilnya, fitur ini memetakan wajah kamu secara akurat.

Fitur ID Wajah juga menyesuaikan dengan perubahan penampilan kamu dengan terus memperbarui data wajah kamu, seperti saat kamu merias wajah, mengubah rambut, atau mencukur jenggot. Kamu juga dapat menggunakan ID Wajah dengan aksesori seperti topi, kacamata hitam, syal, masker medis, dan juga berfungsi dalam kegelapan total.

Fitur ID wajah digunakan untuk lebih dari sekadar membuka kunci iPhone. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengotorisasi pembelian dari App Store, iTunes Store, pembayaran Apple Pay, dan lainnya. Beberapa aplikasi mengizinkan ID Wajah untuk digunakan sebagai metode masuk alternatif.

Meskipun ID Wajah cenderung cukup andal, kamu mungkin menemukan bahwa fitur ini tidak selalu berfungsi. Akibatnya kamu harus memasukkan kode sandi untuk membuka kunci iPhone.

Ini biasanya merupakan hasil dari pengamanan keamanan yang disiapkan Apple untuk autentikasi tambahan, tetapi jika ID Wajah berulang kali gagal mengenali wajah kamu, ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk memecahkan masalah tersebut.

1. Mulai ulang atau perbarui iPhone

4 Cara memperbaiki fitur ID Wajah yang tidak berfungsi di iPhone foto: freepik/chajamp

Perbaikan sederhana seringkali dapat menyelesaikan masalah yang paling rumit, dan hal yang sama berlaku untuk masalah dengan ID Wajah. Hal pertama yang harus dilakukan jika kamu menemukan bahwa ID Wajah tidak berfungsi adalah memulai ulang iPhone. Untuk memulai ulang iPhone, tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume hingga penggeser matikan muncul di layar. Seret penggeser, tunggu selama 30 detik, lalu tekan dan tahan tombol samping hingga kamu melihat logo Apple di layar. Kamu akan diminta memasukkan kode sandi saat iPhone dimulai ulang. Jadi coba ID Wajah setelah kamu melakukannya.

Kamu juga harus memeriksa apakah iPhone memiliki pembaruan perangkat lunak yang tertunda. Saat kamu tidak memperbarui iPhone, kamu tidak hanya kehilangan fitur baru, tetapi juga perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Berikut cara memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk iPhone.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Umum.

3. Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.

4. Ketuk Instal Sekarang atau Unduh dan Instal.

Setelah iPhone dimulai ulang, buka kuncinya pertama kali dengan kode sandi kamu, lalu periksa apakah Face ID berfungsi.

2. Periksa pengaturan ID Wajah kamu

4 Cara memperbaiki fitur ID Wajah yang tidak berfungsi di iPhone foto: freepik/new africa

Jika ID Wajah tidak berfungsi untuk tugas tertentu, seperti pembelian atau pengisian otomatis kata sandi, ada baiknya masuk ke pengaturan untuk memeriksa apakah semua fitur telah diaktifkan. Berikut cara melakukannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Gulir ke bawah dan ketuk ID Wajah & Kode Sandi.

3. Masukkan kode sandi kamu di layar berikutnya.

4. Pastikan semua fitur yang ingin kamu gunakan untuk ID Wajah diaktifkan.

5. Ketuk App Lainnya.

6. Aktifkan ID Wajah untuk aplikasi tertentu.

Saat berada di pengaturan ID Wajah, kamu dapat mengaktifkan ID Wajah dengan Masker jika kamu perlu membuka kunci iPhone saat mengenakan masker. Jika Face ID tidak berfungsi saat kamu mengenakan kacamata hitam, matikan fitur Memerlukan Perhatian untuk Face ID. iPhone mengharuskan kamu untuk melihatnya saat membuka kunci dengan ID Wajah, tetapi ini tidak berfungsi dengan kacamata hitam tertentu yang menghalangi mata kamu. Mematikan pengaturan akan memperbaiki masalah ini.

Jika kamu memakai kacamata hitam dan masker, ID Wajah mungkin tidak berfungsi dengan baik karena memerlukan perhatian untuk membuka kunci iPhone saat memakai masker, dan kacamata hitam dapat menghalangi fitur ini. Jika ID Wajah tidak berfungsi saat kamu membuat perubahan drastis pada penampilan atau saat mengenakan aksesori tertentu, kamu dapat mengatur tampilan alternatif di Pengaturan.

(brl/red)