Cara mengunci WhatsApp di iPhone menggunakan Face ID atau Touch ID

Cara mengunci WhatsApp di iPhone menggunakan Face ID atau Touch ID

Techno.id - Buat kamu pengguna iPhone, ada banyak manfaat dari fitur Face ID (Pengenalan Wajah) dan Touch ID (Sidik Jari) mulai dari membuka kunci iPhone hingga mengesahkan pembayaran. Kini sejumlah aplikasi pun dapat menggunakan autentikasi Face ID atau Touch ID untuk memberikan akses, meski perangkat kamu sudah tidak terkunci.

Aplikasi-aplikasi tersebut mulai dari urusan perbankan, e-commerce, termasuk WhatsApp. Nah untuk mengunci WhatsApp di iPhone, kamu bisa mengatur keamanan dengan pengenalan wajah, sidik jari, atau kode sandi untuk melihat obrolan meskipun iPhone sudah tidak terkunci. Begini caranya.

Cara mengunci WhatsApp di iPhone menggunakan Face ID atau Touch ID foto: freepik/eakkachaihalang

1. Buka WhatsApp

2. Klik pada tab Pengaturan di bagian kanan bawah layar

3. Ketuk Privasi

4. Ketuk Kunci Layar

5. Geser Aktifkan Wajibkan Face ID atau Wajibkan Touch ID

6. Pilih durasi waktu untuk Face ID atau Touch ID yang diperlukan

Ketika Kunci Layar diaktifkan, kamu masih dapat membalas pesan dari notifikasi dan menjawab panggilan, tetapi obrolan WhatsApp tidak dapat diakses tanpa pengenalan wajah atau sidik jari yang terdaftar.

Jika Face ID atau Touch ID tidak berfungsi, layar putih akan muncul bertuliskan WhatsApp Terkunci. Buka kunci dengan Face ID atau Touch ID untuk membuka WhatsApp.

Kamu hanya akan mendapatkan opsi untuk menggunakan kode sandi setelah beberapa kali gagal. Kamu juga dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melewati Face ID atau Touch ID jika opsi gagal tidak muncul.

Cara membuka kunci WhatsApp tanpa Face ID atau Touch ID

Cara mengunci WhatsApp di iPhone menggunakan Face ID atau Touch ID foto: freepik/wichayada

Jika kamu perlu mengakses obrolan WhatsApp yang dilindungi Face ID atau Touch ID, kamu bisa melakukannyadengan kode sandi iPhone. Langkah-langkah di bawah ini akan mem-bypass fungsi penguncian Face ID atau Touch ID di WhatsApp.

1. Buka Pengaturan iPhone

2. Gulir ke bawah ke 'Face ID & Kode Sandi' atau 'Touch ID & Kode Sandi'

3. Masukkan kode sandi iPhone

4. Ketuk 'Aplikasi Lain' di bawah bagian 'Gunakan Face ID/Touch ID Untuk'

5. Matikan WhatsApp

6. Buka kembali WhatsApp

7. Masukkan kode sandi iPhone

Namun cara ini bukanlah metode resmi, melainkan lebih kepada kekurangan pada fitur tersebut. Cara ini hanya mencabut otorisasi WhatsApp untuk menggunakan Face ID atau Touch ID. Seharusnya bisa berfungsi dan memberi kamu akses ke obrolan WhatsApp dengan kode sandi.

(brl/red)