3 Trik sederhana untuk menghemat baterai iPhone, pastikan menggunakan charger berkualitas

3 Trik sederhana untuk menghemat baterai iPhone, pastikan menggunakan charger berkualitas

Techno.id - Banyak faktor yang membuat baterai iPhone cepat terkuras. Streaming video, mendengarkan musik, dan menelepon adalah tiga elemen yang biasanya menyebabkan baterai terkuras lebih cepat dari yang kamu kira.

Aktivitas latar belakang tertentu seperti pembaruan aplikasi pada aplikasi berita dan cuaca cenderung menghabiskan baterai tanpa kamu sadari. Kendati begitu ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan menghemat daya baterai.

1. Periksa aplikasi

3 Trik sederhana untuk menghemat baterai iPhone, pastikan menggunakan charger berkualitas foto: freepik/flatart

Untuk membantu meningkatkan baterai, penting untuk mengetahui aplikasi mana yang paling menguras baterai di perangkat. Buka Pengaturan di iPhone dan pilih tab baterai, yang kemudian akan menampilkan semua penggunaan baterai untuk setiap aplikasi.

Dengan cara ini, kamu dapat menilai aplikasi mana yang harus diperhatikan karena terlalu menguras baterai. Alih-alih membiarkannya menyala saat kamu tidak menggunakannya, sebaiknya kamu matikan aplikasi tersebut. Melakukannya tidak hanya akan membantu memperpanjang masa pakai baterai, tetapi juga akan membuat ponsel berjalan lebih lancar.

2. Matikan layanan lokasi

3 Trik sederhana untuk menghemat baterai iPhone, pastikan menggunakan charger berkualitas foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah mematikan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu di iPhone. Sebab fitur ini dapat menguras daya baterai.

Buka pengaturan dan klik opsi privasi, lalu klik Layanan Lokasi. Kemudian pilih aplikasi mana yang bisa mendapat izin akses ke lokasi kamu. Batasi sebanyak mungkin untuk membantu menguranginya agar tidak menguras baterai.

3. Isi daya iPhone dengan benar

3 Trik sederhana untuk menghemat baterai iPhone, pastikan menggunakan charger berkualitas foto: freepik/rawpixel.com

Cara kamu mengisi daya ponsel juga dapat membuat perbedaan besar dalam daya baterai. Hindari membiarkan ponsel tetap terhubung setelah terisi penuh, karena hal itu akan menyebabkan pengisi daya terus mengisi daya baterai yang sudah penuh, sehingga mengurangi kinerja perangkat secara keseluruhan dalam prosesnya. Terakhir, pastikan kamu menggunakan pengisi daya dan kabel berkualitas tinggi.

Kabel yang murah akan memberikan daya yang tidak diatur ke dalam perangkat, menyebabkan beberapa kerusakan parah pada ponsel, salah satunya menurunkan masa pakai dan kinerja baterai.

(brl/red)