12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu

Techno.id - Saat ini tugas yang dilakukan ponsel cerdas berbasis Android lebih berat dari sebelumnya. Makum sekarang ponsel harus mengakomodasi kebutuhan yang terus meningkat, prosesor menjadi lebih bertenaga dan layar menjadi lebih besar.

Sayangnya, perkembangan teknologi baterai lithium-ion belum mengalami banyak kemajuan. Hal ini membuat kamu hanya mengandalkan fitur perangkat lunak untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Tapi nggak perlu khawatir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android. Techno.id pun sudah mencoba menerapkan beberapa tips dan trik ini pada ponsel Samsung Galaxy. Berikut beberapa tips praktis untuk meningkatkan daya tahan baterai dan menjaga kesehatan baterai ponsel Android secara keseluruhan.

1. Aktifkan mode hemat daya

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Cara tercepat untuk menghemat baterai di ponsel adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Pada sebagian besar ponsel, kamu dapat menemukannya di panel Pengaturan Cepat, atau, dengan membuka bagian Baterai di Pengaturan dan mengaktifkan Penghematan daya. Pada ponsel Samsung, kamu dapat mengatur mode hemat daya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Matikan tampilan selalu aktif. Tampilan selalu aktif adalah fitur yang bermanfaat, tetapi pada dasarnya, fitur ini akan terus menerus membuat layar kamu menyala dan menguras baterai.

Batasi kecepatan CPU hingga 70%. Membatasi kecepatan CPU berarti aplikasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka dan dimuat, tetapi akan menggunakan lebih sedikit baterai dalam prosesnya.

Kurangi kecerahan hingga 10%.Semakin redup layar, semakin sedikit konsumsi baterai.

Matikan 5G. Saat ini jaringan 5G memang cepat dan nyaman. Tetapi di sisi lain juga boros baterai. Gunakan saja jaringan 4G saat ingin menghemat baterai.

Batasi aplikasi dan layar beranda. Ini adalah fitur penghemat baterai yang paling ampuh, dan dapat menggandakan masa pakai baterai Anda. Caranya dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Membatasi semua aktivitas latar belakang.

2. Menonaktifkan panel Edge.

3. Menetapkan mode gelap di seluruh sistem.

4. Mengurangi kecepatan penyegaran hingga 60Hz.

5. Hanya mengizinkan aplikasi yang dipilih (hingga delapan) di layar Beranda.

6. Menonaktifkan laci aplikasi

2. Matikan layanan lokasi

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Salah satu cara paling efisien untuk menghemat daya tahan baterai pada ponsel adalah dengan mematikan fungsi lokasi. Selain itu, kamu juga harus mencabut izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukannya setiap saat. Dengan cara ini, kamu memblokir aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak menggunakan layanan di latar belakang, sehingga menghemat lebih banyak daya tahan baterai. Begini cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan.

2. Lokasi.

3. Izin aplikasi. Kamu akan melihat semua aplikasi yang diizinkan untuk menggunakan lokasi. Ketuk sebuah aplikasi dan pilih Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi tersebut (untuk aplikasi penting) atau Jangan izinkan untuk aplikasi yang sama sekali tidak memerlukan layanan ini.

3. Beralih ke mode gelap

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika ponsel kamu memiliki layar AMOLED, beralih ke tema gelap akan memperpanjang masa pakai baterainya dengan selisih yang cukup besar. Karena layar AMOLED dapat menonaktifkan piksel individual, latar belakang dengan warna hitam pekat memungkinkannya mengonsumsi lebih sedikit daya.

Kamu dapat memanfaatkan hal ini dengan berbagai cara. Kamu dapat menerapkan wallpaper gelap, mengaktifkan mode gelap di seluruh sistem, dan mengaktifkan mode gelap pada aplikasi Android yang kompatibel seperti WhatsApp, Twitter, YouTube, Gmail, dan banyak lagi.

4. Matikan Wi-Fi otomatis

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi yang terbuka meskipun kamu telah menonaktifkan Wi-Fi. Karena layanan ini berjalan tanpa henti di latar belakang, layanan ini juga secara diam-diam menggunakan baterai. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mematikannya.

1. Buka Pengaturan > Koneksi > Wi-Fi.

2. Ketuk menu tiga titik dan pilih Tingkat Lanjut.

3. Matikan Aktifkan Wi-Fi secara otomatis.

4. Jika pilihan berwarna abu-abu dan Anda tidak dapat menonaktifkannya, kamu mungkin perlu menyalakan lokasi sekali untuk mengaksesnya. Ingatlah untuk mematikan lokasi lagi setelah menonaktifkan Wi-Fi otomatis.

5. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan tetap aktif bahkan setelah kamu keluar dari aplikasi tersebut. Di situlah alat baterai khusus aplikasi Android masuk. Dengan sebuah tombol sederhana, kamu dapat sepenuhnya membatasi aplikasi untuk mengakses baterai di latar belakang.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aplikasi dan ketuk aplikasi pilihan kamu untuk melihat pengaturannya, seperti Instagram. Pada halaman info aplikasi, ketuk Baterai dan pilih Dibatasi.

Jika memiliki ponsel yang lebih lama, kamu juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga yang disebut Greenify. Aplikasi ini secara otomatis menghentikan aplikasi yang mengonsumsi sumber daya di latar belakang. Namun, disarankan untuk menggunakan fitur asli pada perangkat modern karena fitur ini umumnya bekerja lebih baik daripada solusi pihak ketiga.

(brl/red)