12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah

Techno.id - Daya tahan baterai iPhone hingga saat ini masih menjadi masalah yang sering dialami pengguna. Tidak sedikit dari mereka seringkali harus mengisi daya dalam sehari.

Ada beberapa penyebab yang membuat baterai iPhone boros, mulai dari penggunaan aplikasi hingga fitur yang banyak menguras daya.Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengurasan baterai.

1. Jangan gunakan latar belakang dinamis

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: freepik/vecstock

Wallpaper Animasi dan Dinamis diluncurkan pada iOS 8 dan menawarkan antarmuka yang rapi untuk gambar latar belakang statis. Wallpaper ini juga mempengaruhi masa pakai baterai. Tetap menggunakan wallpaper diam saja adalah cara mudah untuk menghemat masa pakai baterai iPhone.

Latar Belakang Dinamis tidak perlu dimatikan karena tidak ada fungsi mengaktifkan dan menonaktifkan Latar Belakang Dinamis. Sebaliknya, jangan memilih gambar di bagian Dinamis saat mengganti wallpaper iPhone.

2. Matikan Bluetooth

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: freepik/mar fernandez

Bluetooth berguna untuk menyambungkan dengan perangkat lain seperti headset nirkabel. Namun mentransmisikan data secara nirkabel membutuhkan banyak baterai, dan membiarkan Bluetooth menyala untuk menerima data yang masuk setiap saat membutuhkan lebih banyak daya. Karena itu matikan Bluetooth untuk menghemat baterai iPhone. Atau, aktifkan Bluetooth hanya saat kamu membutuhkannya, dan matikan saat tidak digunakan.

3. Matikan data selular

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: freepik/jamesteoh1976

Menggunakan 5G, 4G, LTE, atau koneksi seluler lain dengan kecepatan transfer yang cepat, membutuhkan lebih banyak daya baterai dari ponsel. Konsumsi daya akan lebih tinggi pada saat penggunaan yang berat seperti saat streaming video atau melakukan panggilan HD.

Meskipun mungkin sulit untuk menghentikan semua transfer data selular, namun hal ini akan meningkatkan daya tahan baterai iPhone. Untuk mematikan data selular, buka Pengaturan, ketuk Selular, lalu matikan Data Selular.

4. Mematikan notifikasi push email

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: freepik/rawpixel.com

Pengaturan email pada iPhone dapat dikonfigurasikan untuk mengunduh pesan secara otomatis ke ponsel saat pesan masuk ke server email. Memiliki folder email yang selalu diperbarui memang berguna, namun pengunduhan yang terus-menerus akan menguras baterai lebih cepat dari yang diperlukan. Sebagai gantinya, buka aplikasi Mail dan segarkan secara manual untuk memeriksa pesan baru.

Untuk mematikan push agar bisa menghemat masa pakai baterai iPhone, buka app Pengaturan, ketuk Kata Sandi & Akun (atau, Mail > Akun), pilih Ambil Data Baru, dan matikan Push.

5.Kunci otomatis lebih cepat

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: freepik/rawpixel.com

Membuat ponsel mengunci otomatis lebih cepat akan menghemat baterai. Ketika ponsel selalu menampilkan sesuatu, baik kecerahannya rendah maupun tidak, ponsel akan terus menerus membutuhkan daya. Solusi cepatnya adalah mengunci ponsel, tetapi kamu juga dapat menyesuaikan fitur penguncian otomatis agar terkunci secara otomatis.

Pilih opsi penguncian otomatis yang paling sesuai. Apa pun yang kurang dari opsi Never akan meningkatkan masa pakai baterai. Semakin sering durasi penguncian, semakin banyak penghematan baterai.

Untuk mengatur penguncian otomatis, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Tampilan & Kecerahan, pilih Penguncian Otomatis, lalu pilih waktu dari 30 detik hingga 5 menit.

6. Menonaktifkan pelacakan kebugaran

12 Cara menghemat baterai iPhone agar bertahan lebih lama, gunakan mode daya rendah foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dengan tambahan prosesor bersama gerak pada iPhone 5S dan model yang lebih baru, iPhone dapat melacak langkah dan aktivitas kebugaran lainnya. Ini adalah fitur yang hebat bagi mereka yang ingin tetap bugar. Namun pelacakan tanpa henti membutuhkan daya tahan baterai.

Untuk menonaktifkan fitur ini buka Pengaturan > Privasi (atau Privasi & Keamanan) > Gerak & Kebugaran, lalu matikan Pelacakan Kebugaran.

(brl/red)