Ini penyebab daya baterai smartphone Android kamu terlalu boros, begini cara mengetahuinya

Ini penyebab daya baterai smartphone Android kamu terlalu boros, begini cara mengetahuinya

Techno.id - Meskipun baterai Android modern memiliki kapasitas yang semakin tinggi, terkadang baterai Android terasa lebih cepat habis daripada biasanya. Ada beberapa alasan utama mengapa baterai ponsel bisa cepat habis. Berikut ini adalah alasan utama di balik masalah tersebut.

1. Baterai ponsel kamu sudah tua

Jika baterai ponsel kamu dulunya cukup andal tetapi tiba-tiba kehabisan daya, mungkin baterai tersebut sudah mulai menua. Baterai ponsel yang sudah tua lebih mungkin kehabisan baterai lebih cepat daripada yang baru.

2. Terlalu sering menggunakan ponsel

Jika penggunaan ponsel kamu lebih tinggi dari biasanya, baterai akan lebih cepat habis. Itu tidak berarti ada masalah dengan baterai. Tetapi karena kamu terlalu sering menggunakan ponsel.

3. Ponsel terlalu panas

Panas adalah musuh semua baterai. Jika ponsel kamu terlalu panas karena cuaca panas atau penyimpanan yang tidak tepat, baterai ponsel akan lebih cepat habis.

4. Aplikasi boros baterai

Beberapa aplikasi dapat menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Sebaiknya periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya. Salah satunya game.

Cara memeriksa aplikasi boros baterai

Ini penyebab daya baterai smartphone Android kamu terlalu boros, begini cara mengetahuinya foto: freepik/nitinchauhan

Kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai. Berikut ini cara melihat aplikasi mana yang menguras baterai.

1. Ketuk Pengaturan.

2. Ketuk Baterai.

3. Ketuk Penggunaan Baterai Ponsel.

4. Pada beberapa ponsel, kamu bisa menemukan opsi Penggunaan Baterai melalui menu tiga titik di kanan atas halaman Baterai.

5. Aplikasi disusun berdasarkan urutan aplikasi yang paling banyak menggunakan daya. Ketuk setiap aplikasi untuk mengetahui lebih lanjut seberapa banyak menggunakan daya baterai.

Cara meningkatkan daya tahan baterai Android

Ini penyebab daya baterai smartphone Android kamu terlalu boros, begini cara mengetahuinya foto: freepik/vinkf

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android. Berikut ini cara untuk meningkatkan daya tahan baterai.

1. Aktifkan mode penghemat baterai

Aktifkan Mode Penghemat Baterai, dan ponsel akan secara otomatis menurunkan kinerja dan mematikan layanan seperti GPS untuk mengurangi pengurasan baterai.

2. Matikan layanan yang tidak diperlukan

Jika kamu lebih suka melakukan berbagai hal secara manual, matikan Wi-Fi, Bluetooth, layanan lokasi, dan layanan lain yang tidak diperlukan untuk memperpanjang masa pakai baterai.

3. Redupkan layar

Menurunkan kecerahan layar dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan tanpa memengaruhi kinerja.

4. Gunakan ponsel seperlunya

Dengan lebih jarang menggunakan ponsel, baterai akan lebih awet, meskipun mungkin tidak nyaman.

5. Kalibrasi baterai

Mengkalibrasi baterai dapat membantu, terutama pada perangkat Android yang lebih tua dengan opsi penghematan baterai yang lebih sedikit.

(brl/red)