11 Cara mudah memilih keyboard untuk PC agar tidak salah beli

11 Cara mudah memilih keyboard untuk PC agar tidak salah beli

Cara mudah memilih keyboard untuk PC.

1. Harga

Tentukan anggaran yang sesuai untuk membeli keyboard. Harga keyboard bervariasi, tergantung pada merek, fitur, dan kualitas. Tetapkan batas anggaran kamu dan cari keyboard yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Jika kamu ingin keyboard dengan frame aluminum dan berbagai fitur lainnya, tentu harga pun akan bertambah. Semakin kompleks kapabilitas keyboard harga akan ikut bertambah.

2. Ergonomi

Pertimbangkan faktor ergonomi untuk meminimalkan ketegangan atau cedera yang terkait dengan penggunaan keyboard. Pilih keyboard yang mendukung posisi nyaman tangan dan pergelangan tangan, dengan pilihan seperti desain tipe "split" atau keyboard ergonomis.

3. Berkabel atau tanpa kabel

Hal ini tentu preferensi kenyamanan masing-masing pengguna. Keyboard berkabel akan meminimalkan jarak. Kamu tidak bisa menggesernya terlalu jauh. Namun kamu tak perlu khawatir kehabisan baterai seperti pada keyboard tanpa kabel. Keyboard tanpa kabel fleksibel digunakan dalam jarak berapapun. Saat menyambungkan dengan PC, pastikan tumpuan konektivitas seperti Bluetooth memiliki kompabilitas serupa.

4. Tombol hotkey dan media

Beberapa keyboard dilengkapi hotkey dan media kecuali keyboard untuk traveling. Serupa shortcut, tombol hotkey dan tombol media memungkinkan kamu untuk melakukan beberapa pekerjaan secara cepat.

Tombol media seperti untuk volume dan kontrol video, akan sangat berguna bila kebutuhannya mungkin hanya itu saja. Hotkey lebih spesifik lagi, menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan menekan kombinasi tombol, dan banyak keyboard menggantikan kombinasi tersebut dengan tombol satu sentuhan. Jika kamu sering menggunakan keyboard di meja kerja, hotkey ini dapat menghemat waktu kamu.

5. Ukuran

Keyboard yang lebih kecil biasanya tidak dilengkapi dengan keypad angka dan bahkan mungkin memiliki tombol yang lebih pendek atau tidak ada jarak antara tombolnya. Keyboard seperti ini berguna jika digunakan untuk tablet atau jika kamu sering memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Keyboard yang lebih besar biasanya memiliki hotkey dan tombol media lebih banyak. Untuk keperluan gaming yang memerlukan banyak tombol media maka sebaiknya pilih keyboard besar.

11 Cara mudah memilih keyboard untuk PC agar tidak salah beli

foto: pexels.com/Olena Bohovyk

6. Kebutuhan

Jika kamu adalah gamer, maka keyboard yang mungkin bisa dipertimbangkan adalah keyboard yang dilengkapi LCD terintegrasi, tombol-tombol yang dapat diprogram, pencahayaan background keyboard, dan keypad angka yang dapat diganti. Jika kamu menggunakan PC untuk sekedar hiburan saja seperti menonton film atau mendengarkan musik, keyboard dengan fitur-fitur tombol media bisa menjadi opsi. Namun jika kamu menggunakannya untuk bekerja, tingkat ergonomi keyboard harus jadi yang utama.

7. Bahan

Kualitas konstruksi keyboard dapat memengaruhi daya tahan dan kenyamanan penggunaan. Perhatikan bahan dan kualitas pembuatan keyboard, termasuk tahan air, ketahanan terhadap aus, dan kekokohan struktur. Tentu berganti keyboard setiap beberapa waktu sekali sangatlah tidak ideal untuk finansial.

8. Driver

Kebanyakan keyboard bisa langsung berfungsi setelah dibeli. Namun mempersiapkan skenario terburuk tidak ada salahnya. Ada baiknya dengan jenis keyboard yang dibeli untuk mencari driver agar dipasangkan di PC nanti.

9. Jenis

Terdapat berbagai jenis tombol pada keyboard, termasuk membran, mekanik, dan semi-mekanik. Setiap jenis tombol memiliki keunggulan dan karakteristik unik. Keyboard mekanik, misalnya, menawarkan respons taktil yang lebih baik dan umur pakai yang lebih lama, sementara keyboard membran lebih hemat biaya. Pertimbangkan preferensi kamu terkait jenis tombol yang paling nyaman dan sesuai dengan gaya pengetikan kamu.

10. Layout

Tidak semua keyboard didesain sama. Bahkan, tidak semua keyboard memiliki tata letak yang sama di luar tombol QWERTY standar. Mungkin hanya segelintir jumlah keyboard yang tersedia memiliki keypad numerik 10 tombol. Perbedaan kecil lainnya termasuk penempatan tombol panah, dan fungsi seperti halaman atas dan bawah, tombol Home dan End.

11 Cara mudah memilih keyboard untuk PC agar tidak salah beli

foto: pexels.com/Lukas

11. Garansi

Penting untuk mempertimbangkan garansi produk. Garansi akan memberikan perlindungan dan kepastian jika terjadi kerusakan atau masalah dengan keyboard dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian. Jika keyboard mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik selama periode garansi, kamu dapat mengklaim perbaikan, penggantian, atau pemulihan secara gratis atau dengan biaya yang terbatas. Garansi yang lebih panjang biasanya menandakan bahwa produsen memiliki keyakinan terhadap kualitas produknya.

(brl/guf)