Cara mudah mengetahui suhu CPU di Windows 11 untuk cegah overheat, cukup install aplikasi ini

Cara mudah mengetahui suhu CPU di Windows 11 untuk cegah overheat, cukup install aplikasi ini

Techno.id - Mengetahui suhu CPU dapat membantu kamu memantau kesehatan sistem komputer. Suhu yang tinggi dapat menandakan adanya masalah pada sistem pendingin atau sirkulasi udara di dalam casing komputer.

Dengan memonitor suhu CPU secara teratur, kamu dapat mengambil tindakan pencegahan atau perbaikan yang diperlukan untuk mencegah kerusakan atau kegagalan sistem. Suhu CPU yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kinerja komputer.

Ketika suhu mencapai batas tertentu, prosesor mungkin akan mengurangi kecepatan kerjanya (thermal throttling) untuk mencegah overheating yang dapat merusaknya.Dengan mengetahui suhu CPU, kamu dapat memastikan kinerja optimal komputer dengan menjaga suhu dalam rentang yang aman.

Jika kamu melakukan overclocking pada CPU, mengetahui suhu CPU menjadi sangat penting. Overclocking adalah praktik meningkatkan kecepatan clock CPU di atas spesifikasi defaultnya.

Hal ini dapat meningkatkan performa komputer, tetapi juga dapat meningkatkan suhu CPU. Dengan memonitor suhu CPU saat melakukan overclocking, kamu dapat memastikan bahwa suhu tetap dalam batas aman untuk mencegah kerusakan atau kegagalan sistem.

Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan ketika mengetahui suhu CPU. Oleh karena itu, techno.id telah merangkum dari Lifewire pada Sabtu (20/5), cara mengetahui CPU di Windows 11.

Cara mudah mengetahui suhu CPU di Windows 11

Cara mudah mengetahui suhu CPU di Windows 11 untuk cegah overheat, cukup install aplikasi ini foto: report.windows.com

1. Download dan install aplikasi Speccy dari Windows Store

2. Buka Speccy dan klik CPU in menu yang terletak di sebelah kiri

3. Pada tab CPU, kamu dapat melihat suhu dari masing-masing core CPU

4. Kamu juga dapat mengklik tab Graphics untuk melihat suhu dari GPU perangkatmu

(brl/red)