Cara memperbaiki foto yang kurang terang di iPhone dan Android menggunakan aplikasi bawaan ponsel

Cara memperbaiki foto yang kurang terang di iPhone dan Android menggunakan aplikasi bawaan ponsel

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika kini smartphone baik iPhone maupun Android menjadi andalan bagi pengguna untuk membidik objek foto. Mudah, cepat, dengan perangkat yang ringan, kerap menjadi alasan bagi mereka lebih memilih menggunakan smartphone ketimbang kamera mirrorless atau DSLR yang bikin pegal.

Namun kondisi cahaya redup sering mengakibatkan foto kurang terang dan kurang jernih. Meski kamera ponsel cerdas saat ini terus meningkat, namun butiran atau kusam akibat pengambilan gambar dalam kondisi cahaya redup tetap menjadi tantangan.

Tapi jangan khawatir, kamu dapat memperbaikinya dengan mudah di aplikasi foto bawaan ponsel. Berikut cara memperbaiki gambar yang kurang terang di iPhone dan Android.

Cara memperbaiki foto yang kurang terang di iPhone

Cara memperbaiki foto yang kurang terang di iPhone dan Android menggunakan aplikasi bawaan ponsel foto: freepik

Pengguna iPhone dapat menggunakan aplikasi Foto yang sudah diinstal sebelumnya untuk membuat penyesuaian eksposur dasar. Selalu ada fitur Otomatis yang melakukan pekerjaan berat, tetapi fitur otomatis menyesuaikan seluruh foto. Kamu tinggal menargetkan pencahayaan yang kurang, dan pengeditan manual akan memberikan hasil terbaik. Temukan foto kamu di aplikasi, tekan Edit, dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Penggeser pertama yang harus kamu cari adalah fitur Kecerahan di bagian Sesuaikan. Karena pengaturan Kecerahan fungsinya untuk mencerahkan bagian gelap dan terang dari sebuah gambar secara merata. Kamu dapat menyeretnya ke atas sebanyak yang diperlukan untuk melihat apa yang terjadi pada gambar dengan benar.

2. Cari penggeser Eksposur. Pengaturan ini sedikit berbeda dari Brightness, pengaturan ini lebih berfokus pada sorotan daripada keseluruhan gambar, dan tujuannya bertindak sebagai simulator untuk menyesuaikan pengaturan eksposur dalam kamera. Naikkan, tetapi jangan terlalu banyak sehingga kamu mengekspos gambar secara berlebihan.

3. Temukan Kontras dan naikkan sedikit saja untuk menambah kedalaman dan membuat foto kamu menonjol. Jika terlalu tinggi, bagian terang dari gambar akan terlalu terang dan bagian gelapnya praktis akan hilang.

4. Selanjutnya, kamu bisa mengotak-atik penggeser Sorotan dan Bayangan. Selalu naikkan Bayangan untuk mencerahkan area gelap pada gambar yang kurang terang. Kamu harus bereksperimen dengan Sorotan. Jika bagian terang dari gambar sudah terlihat cerah, kamu dapat membiarkannya apa adanya atau mengecilkannya sedikit.

5. Kembali ke Kecerahan dan turunkan. Kamu tidak harus turun ke nol, cukup ke titik di mana eksposur terlihat alami.

Sekarang seharusnya kamu memiliki foto yang diekspos dengan benar yang siap untuk penilaian warna dan pengeditan lainnya. Jika pencahayaan terlihat bagus tetapi kamu masih merasa ada kusam pada foto, tingkatkan Ketajaman, Definisi, dan Kecemerlangan untuk sentuhan akhir.

(brl/red)