10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu

-

1. Upload video saat prime time

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu (Foto : Unsplash/Aaron Weiss)

Saat membuat dan mengunggah konten video TikTok, pastikan kamu memilih waktu puncak saat pengguna TikTok paling aktif. Kamu dapat mulai mengunggah video ke jadwal sibuk TikTok.

Menurut Influencer Marketing Hub, TikTok Peak Time atau biasa disebut TikTok Prime Time turun dari pukul 12.00 hingga 13.00 WIB pada siang hari, menjadi pukul 16.00 sore.00-17:00 WIB dan malam hari 19:00-23:00 WIB. Kamu harus menjadwalkan waktu pengunduhan agar muncul selama waktu tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah jadwal unggahan video yang akan ditonton di TikTok saat prime time :

- Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB

- Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB

- Rabu: 11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB

- Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB

- Jumat: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB

- Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB

- Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

2. Tulis caption yang menarik

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu (Foto:Freepik.com/@goodmood-studio)

Caption video harus menarik. Subtitle secara akurat mencerminkan konten video TikTok yang kamu unggah. Mulai November 2021, TikTok meningkatkan jumlah karakter dalam subtitle dari 100 menjadi 300. Ini memungkinkan kamu untuk membuat subtitle semenarik mungkin.

Selain itu, signature ini bisa berbentuk pertanyaan untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lain. Ini adalah cara termudah untuk mengakses FYP TikTok. Cara ini juga dapat membantu dan meningkatkan kesempatan kamu berinteraksi dengan pengguna yang menonton video yang kamu upload. Jika terjadi beberapa interaksi, video akan otomatis muncul di halaman For You.

3. Tingkatkan engagement

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu (Foto:Freepik.com/@DVstudio)

Kamu juga bisa membuat TikTok FYP dengan mencoba membuat konten yang bisa meningkatkan engagement antara pembuat konten dan followers. Perhatikan juga kualitas video kamu.

Hal ini dapat dicapai dengan membuat konten yang unik, menyenangkan, dan pastinya orisinal. Pastikan pengikut kamu merasa puas dan senang dan bersedia memberikan umpan balik yang akan sangat membantu kamu meningkatkan peringkat.

4. Kolaborasi dengan kreator lain

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu (Foto:Freepik.com)

Untuk membuat akun TikTok kamu semakin popular, buat konten kolaboratif dengan pembuat TikTok lainnya, yang dapat berupa video duo atau tantangan kolaboratif. Video TikTok kolaboratif terbukti ampuh untuk meningkatkan visibilitas konten yang kamu buat. Jika hasilnya menarik, maka akan menghasilkan banyak komentar.

5. Ikuti tren dan challenge

10 Tips bikin video TikTok agar menarik dan masuk FYP, asah deh kreativitas kamu (Foto:Freepik.com)

Kamu juga bisa membuat video TikTok yang didasarkan pada tren saat ini. Selain itu, hampir setiap hari ada tantangan di TikTok. Nggak ada salahnya jika kamu mengikuti tantangan tersebut.

Ketika tantangan menjadi viral, saatnya untuk mencoba versi kamu dan mengunggahnya ke akun TikTok kamu. Dengan melacak tren dan tantangan saat ini, kamu dapat meningkatkan lalu lintas dan penonton.

(brl/red)