Cara mengompres video berukuran besar dengan aplikasi Vidcompact, mudah dan cepat

Cara mengompres video berukuran besar dengan aplikasi Vidcompact, mudah dan cepat

Techno.id - Kaum millenial maupun Generasi Z kini memiliki kebiasaan atau budaya dalam mendokumentasikan segala hal. Setiap peristiwa dan momen yang dianggap penting dirasa harus diabadikan. Bentuk dokumentasi antara lain berupa foto atau gambar, audio, maupun video.

Berbagai aktivitas pendokumentasian itu biasanya hanya dilakukan dengan menggunakan smartphone. Namun banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan penyimpanan yang tidak cukup besar sehingga membutuhkan banyak memori tambahan sebagai backup penyimpanan data.

Salah satu penyebab penyimpanan ponselmu cepat penuh adalah file video karena memiliki ukuran yang cukup besar. Semakin bagus kualitas suatu video, semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Karena itu dibutuhkancara untuk menghemat penyimpanan ponselmu.

Tapi ada solusinya yaitu dengan mengompresnya menggunakan aplikasi seperti Vidcompact. Aplikasi ini dapat mengompres video berukuran besar tanpa mengurangi kualitas video dan gratis pula. Begini caranya.

Cara mengompres video melalui Vidcompact

Cara mengompres video berukuran besar dengan aplikasi Vidcompact, mudah dan cepat Foto: Google/istimewa

1. Pertama, unduh aplikasi Vidcompact di apps store

2. Buka aplikasi Vidcompact

3. Setelah masuk di beranda, pilih menu Trim & Compress, lalu kamu akan diarahkan ke penyimpanan perangkatmu

4. Pilih video dari penyimpanan perangkat yang ingin kamu kompres

5. Kemudian pilih resolusi video yang ingin kamu buat, mulai dari resolusi 240p sampai 960p

6. Setelah itu, klik Compress Video kemudian tunggu aplikasi memproses sejenak, lalu klik Save to Galerry agar video yang telah kamu kompress dapat tersimpan di penyimpanan perangkatmu

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengompres video yang berukuran besar di aplikasi Vidcompact. Sangat mudah bukan sobat.

Tapi jika kamu ingin mendapatkan kualitas dan resolusi yang lebih tinggi dari itu, kamu harus berlangganan secara berbayar. Kamu akan mendapatkan beberapa benefit yang lebih misalnya akses aplikasi tanpa gangguan iklan dan dapat mengatur video menjadi resolusi HD hingga 2k.

Magang : Idris Fahmi

(brl/red)