10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas

-

6. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas (Foto:Freepik.com/rawpixel.com)

Hapus aplikasi yang tidak diperlukan namun yang sering menyita waktu karena terlalu lama berada di aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi seperti ini seringnya adalah aplikasi sosial media yang kadang tidak memiliki dampak pada kehidupan.

7. Simpan ponsel ketika berbicara pada seseorang

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas (Foto:Freepik.com/mego-studio)

Simpan atau balikkan layar ponsel ketika sedang dalam percakapan dengan seseorang. Cobalah untuk memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara dengan menatap lawan bicara dan tidak menunduk mencari ponsel.

8. Gunakan aplikasi atau fitur pengingat

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas (Foto: Freepik.com/rawpixel.com)

Beberapa smartphone sudah menyediakan aplikasi bawaan yang dapat mengontrol waktu penggunaan smartphone dan bahkan waktu penonaktifan smartphone. Apabila smartphone tidak menyediakan fitur ini, cobalah aplikasi-aplikasi seperti Flipd dan screentime yang dapat dimanfaatkan untuk membatasi penggunaan ponsel.

Fitur dan aplikasi tersebut diatur secara manual oleh pengguna dan dapat diubah-ubah sesuka hati. Karena itu dibutuhkan kemauan dan komitmen yang kuat dari pengguna untuk mengikut aturan yang dibuatnya sendiri.

9. Matikan data internet

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas (Foto: Freepik.com/fabrikasimf)

Cobalah sesering mungkin untuk mematikan data di telepon genggam dengan mengaktifkan mode pesawat atau bahkan dengan tidak membeli kuota internet di ponsel. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan fokus saat mengerjakan sesuatu tanpa perlu khawatir dengan distraksi-distraksi yang ditimbulkan ponsel.

10. Ubah kebiasaan ketergantungan ponsel

10 Cara terhindar dari kecanduan bermain ponsel, tetap jaga produktivitas (Foto: Freepik.com/jcomp)

Jika sedang dilanda bosan dan membutuhkan hiburan, coba ubah kebiasaan memainkan ponsel dengan hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan tanpa ponsel seperti membaca buku, bermain catur, memasak, dan masih banyak lagi.

Kebiasaan-kebiasaan baru yang positif ini dapat dijadikan alternatif bermain ponsel dan pada akhirnya dapat menghindari kecanduan terhadap ponsel itu sendiri.

(brl/red)