5 Aplikasi scan dokumen di smartphone Android, tak perlu lagi mesin pindai

5 Aplikasi scan dokumen di smartphone Android, tak perlu lagi mesin pindai

Techno.id - Dulu, kita membutuhkan mesin scanner untuk memindai dokumen. Namun harga mesin scanner cukup mahal. Tapi kini untuk urusan scan dokumen, kamu bisa melakukannya hanya dengan menggunakan smartphone.

Sebab, kini banyak aplikasi scanner yang memungkinkan kamu memindai dokumen hanya dari smartphone dengan hasil berupa soft dokumen bisa dalam bentuk JPG untuk gambar atau PDF untuk dokumen. Berikut lima aplikasi scanner dokumen terbaik untuk ponsel Android.

1. CamScanner

5 Aplikasi scan dokumen di smartphone Android, tak perlu lagi mesin pindai (Foto: camscanner.com)

CamScanner adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen yang dapat kamu gunakan untuk memindai dokumen di kertas, tulisan di papan tulis, dan banyak lagi. Kamu dapat menyimpan dokumen yang dipindai aplikasi ini dalam format PDF dan JPEG. Bagi yang ingin menikmati fitur lebih canggih, ada juga versi premium yang memungkinkan kamu menyimpan dokumen ke cloud storage, mulai dari Google Drive, Dropbox, Evernote dan masih banyak lagi.

2. Adobe Scan

5 Aplikasi scan dokumen di smartphone Android, tak perlu lagi mesin pindai (Foto: Adobe.com)

Adobe juga menawarkan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memindai dokumen. Mengikuti kesuksesan aplikasi pengeditan foto dan videonya, Adobe sekarang memperkenalkan Adobe Scan, PDF Scanner, OCR, yang memungkinkan memindai dokumen dengan mudah ke ponsel kamu.

Adobe Scan memungkinkan menyimpan dokumen yang dipindai dalam format PDF. Berbagai jenis dokumen yang dapat kamu pindai dengan aplikasi ini berkisar dari catatan atau tulisan, foto, kuitansi, kartu nama hingga tulisan di papan tulis.

Adobe Scan juga meningkatkan kualitas konten atau dokumen yang dipindai secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur warna, memotong, dan memutar dokumen yang telah kamu pindai.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)