Tahun ini, penjualan wearable gadget diprediksi capai 173 persen

Tahun ini, penjualan wearable gadget diprediksi capai 173 persen

Techno.id - Saat ini, pasar wearable gadget terbukti semakin berkembang. Hal tersebut sudah terlihat di kuartal awal 2015 ini saja. Buktinya, selain hadirnya sejumlah pemain baru di sektor ini, total penjualan wearable gadget di dunia juga meningkat.

Berdasarkan prediksi dari International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Wearable Device Tracker, sampai akhir tahun ini, akan ada 72,1 juta unit wearable gadget yang terjual, baik yang basic maupun smart. Dalam kata lain, persentase penjualannya bakal melonjak hingga 173,3 persen daripada tahun lalu.

"Permintaan untuk produk basic wearable, yakni yang tidak menjalankan aplikasi dari pihak ketiga, telah benar-benar mengejutkan, " ujar Jitesh Ubrani, analis senior Worldwide Mobile Device Trackers, seperti dikutip dari rilis pers IDC (18/06/15). Jitesh juga menyoroti sepak terjang vendor yang berperan besar dalam eksisnya produk basic wearable, yakni Fitbit dan Xiaomi.

Tahun ini, penjualan wearable gadget diprediksi capai 173 persen
Prediksi penjualan wearable gadget dunia 2015 IDC

Lebih lanjut, peningkatan volume ini diramalkan akan terus meroket sampai 2019. Hingga lima tahun ke depan, penjualan semua jenis wearable bakal mencapai 155,7 juta unit. Yang unik, di tahun tersebut, smart wearable sudah lebih mendominasi dengan porsi 89,4 juta unit dan 66,3 juta unit.

Sebagai gambaran, hanya ada 26,4 juta unit wearable gadget yang laku sepanjang tahun 2014 lalu. 22 juta di antaranya ialah basic wearable dan 4,2 jutanya berasal dari kategori smart wearable.

(brl/red)