CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 16 Januari 2016 11:00

SSD terbesar di dunia dirilis, berapa kapasitasnya?

Industri SSD kian salip HDD, kapasitas penyimpanan kini telah menembus angka 13TB!

SSD terbesar di dunia dirilis, berapa kapasitasnya?

Techno.id - Sejak dipopulerkan tahun 2000-an, Solid-State Drive (SSD) dinilai masih terlalu mahal ketimbang Hard Disk Drive (HDD). Pasalnya, SSD hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan justru dibanderol lebih mahal dari HDD.

Namun seiring berjalannya waktu, kapasitas SSD tentu sudah jauh berkembang. Bahkan kini industri SSD mampu menyentuh angka 13TB. Dengan kata lain, kapasitas tersebut merupakan yang terbesar di dunia saat ini.

Mengutip laman TechRadar (14/01), SSD seluas 13TB ini dicetuskan pertama kali oleh vendor Fixstars. Keistimewaannya, ukuran SSD ini ternyata tetap normal dan sesuai standar industri komputer saat ini, yakni 2,5 inci.

Fixstars 13TB Solid-State Drive
© 2016 Fixstars.com

Bicara soal kapasitas SSD terbesar di dunia, nama Fixstars memang sudah tidak asing lagi. Sebelumnya, vendor asal AS itu juga telah meluncurkan SSD seluas 6TB dan dinobatkan sebagai yang terbesar di sepanjang tahun 2015.

Lantas, bagaimana dengan performa SSD ini? Menurut sumber tersebut, SSD ini dibekali dengan kemampuan baca sebesar 540MB per detik dan tulis sebesar 520MB. Artinya, performa SSD ini setara dengan standar industri.

Selain itu, SSD ini juga dilengkapi dengan sistem pengontrol suhu panas untuk menjaga keawetan perangkat. Yang cukup disayangkan, informasi harga sejauh ini masih belum diketahui secara pasti.

Beberapa rumor mengatakan, SSD ini dibanderol seharga USD 13.000 atau setara dengan Rp 181 jutaan. Ia pun dijadwalkan untuk mulai diterjunkan ke pasar pada akhir bulan Februari 2016 mendatang.

WHAT TO READ NEXT ?