CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 15 Januari 2016 12:00

Samsung SDI pamer baterai mobil listrik berjarak tempuh 600 km

Samsung SDI: Baterai mobil listrik ini tak dirancang untuk memenuhi permintaan pasar

Samsung SDI pamer baterai mobil listrik berjarak tempuh 600 km

Techno.id - Bicara soal kelemahan mobil listrik, maka salah satu yang cukup vital adalah baterai. Ya, industri mobil listrik dewasa ini masih terkendala oleh jumlah stasiun pengisian yang cenderung terbatas. Praktis, perjalanan jarak jauh pun menjadi momok tersendiri bagi para pemilik mobil listrik.

Sebagai salah satu pemain utama di industri ini, Tesla Motors memang sudah mengantisipasi dengan menghadirkan teknologi supercharger (stasiun pengisian cepat). Namun di sisi lain, Samsung ternyata memiliki cara yang berbeda, yakni dengan memaksimalkan potensi baterai itu sendiri.

Prototipe baterai mobil listrik buatan Samsung
© 2016 ubergizmo.com

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (14/01), baterai mobil listrik buatan raksasa Korea Selatan itu boleh dikatakan cukup mengesankan. Pasalnya, uji coba baterai mereka diklaim mampu menempuh jarak hingga sejauh 600 kilometer. Padahal, baterai itu baru di tahap prototipe.

Menurut Samsung SDI (Divisi Manufaktur Baterai Samsung), baterai yang rencananya akan dipamerkan di ajang Detroit Auto Show ini menggunakan teknologi baterai EV high-density. Sementara baterai mobil listrik konvensional hanya menggunakan EV, dengan jarak tempuh sejauh 482 kilometer.

Karena masih bersifat prototipe, divisi tersebut mengaku masih akan terus mengembangkan dan berharap dapat memulai produksi komersial pada tahun 2020 mendatang. Samsung SDI juga menegaskan bahwa prototipe ini tak ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar.

Pertanyaannya adalah, apakah Samsung berniat mengembangkan mobil listrik sendiri di masa depan?

WHAT TO READ NEXT ?