CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 Januari 2016 18:35

Hilangnya jack 3,5mm di iPhone 7 adalah konspirasi produsen headphone?

Dalam lima tahun terakhir, penjualan headphone dunia stagnan. Kalau pengguna iPhone 7 berniat memiliki headphone lagi, mungkin beda ceritanya.

Hilangnya jack 3,5mm di iPhone 7 adalah konspirasi produsen headphone?

Techno.id - Polemik iPhone terbaru yang tak akan dibekali dengan jack audio universal tetapi menggunakan port Lightning atau nirkabel menuntun lahirnya beragam spekulasi. Beberapa dugaan motivasi Apple akan hal ini pun menyeruak, seperti agar bodi iPhone 7 makin tipis atau untuk meningkatkan kualitas audio yang dihasilkan.

Namun tanpa mengesampingkan motivasi Apple yang logis itu, ada indikasi bahwa penghapusan jack 3,5mm ini adalah permintaan dari vendor headphone.

Faktanya, penjualan headphone secara global sedari tahun 2011 hingga tahun lalu adalah stagnan. Sepanjang lima tahun itu, kisaran penjualan headphone hanya ada di angka sekitar 287 juta unit. Adopsi headphone dan headset yang tak banyak ini bisa jadi disebabkan karena kebanyakan user sudah puas dengan aksesori bawaan vendor atau bisa memakai headphone universal bekas mereka.

Statistik penjualan headphone dari tahun 2010 sampai 2015
© 2016 Statista/Statista

 

Nah, kalau iPhone 7 tak dibekali jack audio 3,5mm tetapi memakai headphone dengan konektor port Lightning ataupun headphone wireless, mau tak mau user yang tak puas dengan sepasang headphone bawaan Apple harus membeli headphone baru yang kompatibel. Tentunya akan lebih baik bagi produsen headphone kalau Apple malah tak menyediakannya.

Ditambah lagi, jika iPhone 7 bisa meniru kesuksesan iPhone 6S dan 6S, yang sudah terjual sebanyak 13 juta unit dalam seminggu, maka bisa dipastikan jumlah headphone yang terjual di dunia tahun 2016 akan menembus angka 300 juta unit.

Meski begitu, rencana dihilangkannya jack headphone pada iPhone 7 ini cukup ditentang oleh para Apple Fanboy. Bahkan, mereka yang tak setuju ini sudah membuat sebuah petisi dan berhasil mengumpulkan 200 ribu tanda tangan sebagai bentuk dukungan penolakan atas rencana Apple tersebut.

Menurut Anda, adakah campur tangan vendor headphone dalam penciptaan iPhone 7 ini?

WHAT TO READ NEXT ?