CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 3 Februari 2016 05:00

Sony rilis flash disk USB Type-C, pertanda apa ini?

Apakah pabrik dari Jepang itu akan merilis versi Xperia yang mendukung koneksi tersebut?

Sony rilis flash disk USB Type-C, pertanda apa ini?

Techno.id - Beberapa waktu lalu, Sony diketahui merilis flash drive anyar berkapasitas mulai 16GB, 32GB, hingga 64GB. Tak cuma mengandalkan kapasitas besar, produk dengan model USM-CA1 itu juga memiliki dual konektor, yakni USB Type-A dan Type-C.

Selain melengkapi portofolio, hadirnya produk ini bukan tidak mungkin adalah isyarat bagi Sony. Aksesori ini memang dikatakan hanya akan menjadi pendukung perangkat yang sudah mendukung USB Type-C, seperti di Macbook terbaru serta Chromebook. Smartphone Android yang sudah ter-install OS Android 5.0 plus aplikasi file browsing pun kompatibel dengan flash disk ini.

Namun, kehadiran flash disk berkecepatan hingga 130MB per detik itu bisa juga menjadi pertanda dari Sony bahwa pihaknya akan merilis handset yang mendukung USB Type-C. Sebab sejauh ini, vendor asal Jepang itu belum satu pun mempunyai smartphone yang mengusung USB Type-C. Xperia Z5 saja, smartphone termutakhir mereka, lahir dengan microUSB 2.0. Alhasil, Sony pun tertinggal dibanding vendor lain yang sudah merilis handset dengan USB Type-C, bahkan oleh vendor yang jauh lebih muda seperti OnePlus atau Xiaomi.

Sebagai gambaran, keunggulan USB Type-C yang diidam-idamkan user ialah kecepatan transfernya yang katanya di atas USB 3.1. Akan tetapi, port ini bisa melakukan lebih dari itu, misalnya mendukung tipe video output yang lebih luas, termasuk HDMI dan DisplayPort.

Jika Anda tertarik dengan flash drive dual konektor dari Sony ini, tunggu saja detail lengkapnya sebentar lagi. Kemungkinan, info mengenai harga dan tanggal rilisnya bakal diterbitkan bulan ini.

WHAT TO READ NEXT ?