Lagi-lagi, penjualan PlayStation dongkrak keuangan Sony

Lagi-lagi, penjualan PlayStation dongkrak keuangan Sony

Techno.id - Entah apa jadinya Sony tanpa PlayStation. Konsol terpopuler di dunia itu tak cuma sukses mengangkat nama Sony, tetapi juga neraca keuangan mereka. Dari laporan per kuartal mereka yang berakhir pada 31 Desember 2015, PlayStation diketahui menyumbang dana yang cukup tinggibagi Sony.

Dari laporan finansial Sony di kuartal ketiganya (29/01/16), penjualan hardware dan software PlayStation terpantau mencapai Rp1.221 triliun denganoperating income sebesar Rp4,5 triliun. Angka itu lebih tinggi dari keuntungan dari penjualan perangkat seluleryang cuma Rp2,7 triliun.

Total, sedari Oktober sampai Desember 2015, vendor asal Jepang itumengantongi laba Rp13,6triliun, 33 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.Pemasukan dari PlayStation pun tercatat sebagai sumber pemasukan utama Sony saat ini.

Kisah ini sebenarnya mengulang kiprah Sony pada Q2 2015. Meningkatnya penjualan game PS4 mendorong hadirnyaoperating income 2,7 triliun bagi Sony. Di waktu bersamaan, divisi Sony yang menggawangi sektor smartphone malah merugi Rp2,3 triliun. Hingga akhirnya,kas mereka cuma terisi Rp3,8 triliun.

Menyadari PlayStation adalah komoditas paling berharga mereka, Sony pun telah membuat sebuah perusahaan baru yang khusus menangani PlayStation. Perusahaan bernama Sony Interactive Entertainment (SIE) itu ditargetkan dapat menumbuhkan bisnis PlayStation jauh lebih cepat dari sekarang.Akhir tahun lalu, Sony mengklaim sudah menjual konsol PS4 lebih dari 30 juta unit.

(brl/red)