Bukan dari gadget, ini sumber income besar Sony yang kurang terekspos

Bukan dari gadget, ini sumber income besar Sony yang kurang terekspos

Techno.id - Ada yang menarik dari paparan laporan pendapatan Sony periode Oktober sampai Desember 2015. Dalam laporan finansial kuartal ketiga mereka itu (29/01/16), Sony diketahui sukses mengantongi laba Rp13,6 triliun. Sebagian besarnya didapat dari income penjualan PlayStation, yakni sebesar Rp4,5 triliun.

Namun, tahukah Anda ternyata Sony masih memiliki sumber pemasukan lain yang tak kalah tinggi?

Tebakan Anda salah kalau mengira jawabannya datang dari sektor mobile. Kendati dalam tiga bulan terakhir mampu mendatangkan operating income Rp2,7 triliun, ada divisi Sony yang proyeksinya begitu menguntungkan, yakni dari Sony Pictures Entertainment Inc.

Divisi yang menggarap segmen film dan televisi itu berhasil mengumpulkan income Rp2,3 triliun dari total revenue sebesar Rp30 triliun. Menariknya dibandingkan dengan tahun lalu, laba itu meningkat Rp1,6 triliun dari tahun lalu. Pendapatan mereka yang luar biasa ini pun adalah dampak larisnya film mendapat keuntungan yang luar biasa Spectre dan Hotel Transylvania 2 di seluruh dunia.

Sebagai gambaran, selain dari industri motion picture, Sony juga masih punya taji di sektor kamera, musik, dan home appliances. Laba mereka di periode ini pun tercatat meningkat drastis dari kuartal sebelumnya yang cuma Rp3,8 triliun.

(brl/red)