CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 17 September 2015 21:56

PNY rilis kabel USB Type-C berkecepatan di atas konvensional

Rilis dua kabel USB Type-C baru, PNY berjanji akan segera memasarkannya di Indonesia

PNY rilis kabel USB Type-C berkecepatan di atas konvensional

Techno.id - PNY Technologies, perusahaan asal AS yang berfokus di bidang USB dan memori hari ini meluncurkan dua kabel USB Type-C terbaru. Kedua kabel ini bernama USB 3.1 CM ke kabel AM (UC1A1-01) dan USB 3.0 CM ke kabel AF (UC1A2-01).

Seperti diketahui, USB Type-C sendiri saat ini tengah populer dan sudah mulai diadopsi di banyak perangkat desktop maupun gadget. Adapun keunggulan utamanya yakni kecepatan transfer data yang diklaim jauh lebih cepat.

Lantas, apa yang membedakan dua kabel USB Type-C milik PNY ini jika dibandingkan dengan kabel USB Type-C konvensional? Jawabannya ada di fitur konektor reversibel, yang artinya dapat dimasukkan menghadap ke atas maupun ke bawah.

Kabel 3.1 UC1A1-01 sendiri dilengkapi dengan fitur USB 3.1 SuperSpeed+. Sesuai namanya, fitur ini menawarkan kecepatan transfer data sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan USB Type-C konvensional.

Secara teoritis, UC1A1-01 diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 10GB per detik. Artinya, 20 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0 dan dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan USB 3.0.

Sementara itu, kabel 3.0 UC1A2-01 dilengkapi dengan antarmuka transmisi USB 3.0 yang mampu menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 5GB per detik. Secara teori, berarti 10 kali lebih cepat daripada USB 2.0.

Sedangkan untuk urusan desain, kedua kabel ini dirancang lebih ringkas dan ramping dari ukuran konvensional. Dengan ukuran panjang 12,75 cm, dua kabel USB Type-C ini terlihat mirip seperti USB micro-B.

Sayangnya, belum ada informasi lebih rinci terkait kehadiran dua kabel USB Type-C ini di pasar Indonesia. Namun PNY berjanji akan segera memasarkannya untuk Indonesia dalam waktu dekat.

WHAT TO READ NEXT ?