Pertolongan pertama pada ponsel basah

Pertolongan pertama pada ponsel basah

Techno.id - Kejadian ponsel basah karena tercebur air atau tersiram sudah bukan hal baru lagi di masyarakat. Bagi sebagian orang, kejadian tersebut tak ubahnya seperti mimpi buruk. Bagaimana tidak, mayoritas ponsel pintar juga menyimpan data-data penting terkait pekerjaan.

Namun Anda tak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis dan kehilangan semua data penting Anda. Seperti yang diberitakan oleh USA Today pada hari Senin (24/08/15), ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika mengalami musibah tersebut.

Pertolongan pertama pada ponsel basah

1. Matikan ponsel
Ini sebenarnya adalah langkah awal untuk mengetes, apakah ponsel tersebut masih berfungsi dengan benar. Bersihkan, lalu matikan ponsel Anda. Jangan sekali-kali menyalakannya lagi untuk mengetahui apakah ponsel Anda baik-baik saja. Air yang merembes dalam sirkuit dalam ponsel bisa menyebabkan terjadinya hubungan pendek.

2. Lepas SIM card
Buka ponsel, dan keluarkan apapun yang bisa dikeringkan secara terpisah. Kecuali jika Anda pengguna iPhone, maka langkah 'mengeluarkan baterai' bisa Anda skip. Yang perlu diingat adalah, jangan mengeringkan dengan hair dryer atau bahkan microwave. Cukup dengan kipas angin saja.

3. Hisap air yang telah masuk
Jika Anda punya vacuum cleaner dengan penghisap kecil, gunakan untuk menghisap air yang sudah terlanjur masuk ke dalam melalui lubang earphone, atau port USB. Namun jika Anda tak punya vacuum cleaner, hisap saja dengan mulut, lalu ludahkan cairan tersebut. Anda takkan pernah tahu kandungan kimia apa yang ada dalam air yang telah merembes ke dalam tersebut.

4. Beras dan Silica
Jangan pernah berpikir bahwa jika permukaan ponsel sudah kering berarti semua air yang masuk juga telah kering. Cara untuk mengeringkan bagian dalam ponsel sangat mudah sebenarnya. Cukup kubur ponsel Anda dalam mangkuk berisi beras. Secara kimiawi, beras akan menyerap kelembapan dalam ponsel. Atau, Anda juga bisa menggunakan silica gel yang mungkin terdapat dalam tas kamera digital atau kotak sepatu Anda.

Pertolongan pertama pada ponsel basah

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan ponsel tepat di depan AC. Udara dingin yang keluar dari AC tidak berbahaya bagi ponsel, bahkan udara tersebut akan mengeringkan ponsel basah dengan cepat. Yang perlu diingat, metode apapun yang Anda gunakan, entah beras, atausilica, diamkan ponsel di dalamnya setidaknya selama 3 hari untuk membuatnya benar-benar kering.

5. Nyalakan kembali ponsel Anda
Setelah 3 hari, ambil dan nyalakan kembali ponsel Anda untuk mengetahui apakah ia tidak rusak. Biarkan standby selama 24 jam dan cobalah untuk mengisi dayanya. Periksa juga, apakah bagian dalam ponsel masih basah. Karena Anda harus menguburkannya kembali selama 3 hari ke depan jika ternyata masih basah.

Nah jika dengan pertolongan pertama tersebut ponsel Anda masih tak mau menyala, barulah Anda bisa membawanya ke tukang servis. Selamat mencoba...

(brl/red)