AMD siap manjakan gamer dengan GPU Rp 8 jutaan

AMD siap manjakan gamer dengan GPU Rp 8 jutaan

Techno.id - Teknologi kartu grafik terus berkembang seiring dengan kebutuhan para pengguna perangkat digital. Produsen prosesor dan kartu grafis AMD meluncurkan jajaran produk kartu grafis terbarunya yang diklaim merevolusi paradigma rancangan GPU yang mampu memenuhi kebutuhan virtual dengan harga terjangkau.

Produk terbaru Radeon R9 Fury yang sebelumnya dijuluki kode nama Fiji dari AMD, jadi komponen revolusioner bagi penggila grafis tinggi. Pasalnya, produk ini dihadirkan untuk menyasar para gamer yang berada di kelas menengah atas dengan menghadirkan fitur jempolan, seperti DirectX 12 dan Vulkan.

Selain dua fitur tersebut, kartu grafis yang baru diluncurkan secara resmi di pasar Indonesia ini diklaim AMD menjadi yang pertama dengan teknologi HBM (High-Bandwidht Memory) di dunia. Ryan Sim selaku General Manager AMD for ASEAN mengaku teknologi HBM bakalan membuat penggunanya bisa menikmati pengalaman grafis 4K dengan virtual reality (VR) terbaik yang pernah ada.

Selain itu, seri Radeon R9 300 yang berada sebagai varian lain dari Radeon R9 diakui perusahaan pembuatnya mampu memberikan grafis berkekuatan menakjubkan untuk pengalaman gaming 4K yang luar biasa di kelasnya. Komponen ini juga disebut-sebut mampu memberikan pengalaman lebih nyata pada penggunaan perangkat VR.

"GPU AMD Radeon seri R9 300 juga sudah diintegrasi dengan AMD FreeSync yang berguna untuk menghilangkan gambar patah dalam layar game. Pengalaman bermain game bakalan lebih terasa ketika Radeon R9 300 ada di dalam komputer," ungkap Richard Huddy, AMD Chief Gaming Scientist sewaktu dijumpai tim Techno.id di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Produk lain yang diluncurkan AMD ke pasar gaming di Indonesia ialah Radeon R7 300 yang hadir untuk memberikan kinerja gaming 60 fps pada resolusi 1080piksel dan 1440piksel. Di kedua resolusi itu, AMD mengaku sudah mendukung kualitas gambar sekelas virtual super resolution (VSR) karena menggunakan teknologi multi-display AMD eyefinity (teknologi yang memungkinkan layar memberikan gambar panorama sempurna).

Jajaran produk GPU seri Radeon R9 dan R7 dari AMD ini akan segera tersedia di pasar Indonesia melalui mitra distributornya. Harga yang dibanderol untuk Radeon R9 mulai dari Rp 2,8 jutaan hingga Rp 8 jutaan, sedangkan Radeon R7 dibanderol seharga Rp 1,6 jutaan dan sekitar Rp 2,2 jutaan.

(brl/red)